Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Apr 2014 08:48 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pulau Pasir Terluas di Dunia Versi Guinness World Records

Afif Farhan
detikTravel
Turis yang sedang menjelajahi Fraser Island (Thinkstock)
Turis yang sedang menjelajahi Fraser Island (Thinkstock)
Queensland - Pulau pasir identik dengan Karimunjawa atau Belitung. Tapi pulau pasir terluas di dunia versi Guinness World Records, adalah Fraser Island di Australia. Panjangnya 120 km dan luasnya 163 ribu hektar. Begini penampakannya!

Pulau pasir merupakan sebuah berupa daratan pasir yang membentuk pulau dan sewaktu-waktu bisa tenggelam saat air laut sedang pasang. Tapi Fraser Island Island di Queensland, Australia ini tentu beda dengan pulau-pulau pasir lainnya di dunia.

Dilongok dari situs resmi Guinness World Records, Kamis (10/4/2014) Fraser Island ditetapkan menjadi pulau pasir paling luas di dunia. Panjang pulau ini mencapai 120 km dengan luas 163 ribu hektar.

Lebih dari itu, Fraser Island sangatlah istimewa. Betapa tidak, di pulau yang seluruh daratannya berupa pasir putih ini terdapat hutan hujan di atas bukit pasir setinggi di atas 200 meter dari permukaan laut. Hutan hujan yang tumbuh di atas pasir tersebut hanya ada satu-satunya di dunia!

Mari mengenal Fraser Island lebih dekat. Bagian tengah pulau di kawasan hutan hujan hujannya terhampar 100 lebih danau berair sejernih cermin. Danau yang paling terkenal adalah Danau McKenzie. Tepian danaunya terbentang hamparan pasir putih luas dan halus. Lalu air danaunya bergradasi antara biru tua dan biru muda. Air danaunya yang jernih selalu menggoda traveler yang datang untuk berenang.

Beberapa kawasan di Fraser Island memiliki panorama masing-masing. Di Selat Great Sandy, Anda bisa melihat dugong dan penyu yang berenang bebas di lautan. Kalau di Pantai Hervey, bersiaplah menyaksikan kawanan paus yang melintas. Bahkan, ada lebih dari 1.500 paus bermigrasi dengan rute melewati pantai tersebut pada bulan-bulan tertentu.

Di kawasan Indian Head di timur Fraser Island, Anda bisa melihat lumba-lumba, hiu dan paus. Bagi Anda yang suka menyelam, dunia bawah laut di Freaser Island juga menjadi habitat ikan manta lho!

Tak hanya soal laut, hutan hujan di Fraser Island pun dianugerahi kekayaan fauna. Ada 200 spesies burung, reptil, kelelawar, tupai dan fauna lainnya yang bisa Anda temui saat menjelajah hutan hujannya.

Yang unik, hutan hujannya pun menjadi habitat dingo, anjing khas Australia yang terancam punah. Dingo ini terkenal dengan warna kulitnya yang berwarna keemasan dan sekilas tampak seperti serigala. Dingo biasanya terlihat di The Pinnacles, sebuah area tebing pasir dengan gradasi warna yang terbentuk selama ribuan tahun, serta bukit pasir yang cukup luas.

Dari Brisbane, traveler dapat naik mobil selama 3 jam lalu disambung naik kapal feri untuk tiba di Fraser Island. Tenang saja, ada banyak tur operator yang menawarkan paket ke Fraser Island di Australia, seperti Fraser Island Adventure Tours, Cool Dingo Tour, Fraser Free tour, Fraser Island Tour, dan masih banyak lagi.

Kisaran harganya mulai dari AU$ 80 hingga AU$ 415 atau sekitar Rp 846 ribu hingga Rp 4,3 juta. Itu semua tergantung berapa lama perjalanan dan Anda bisa langsung mengecek ke situs resmi tiap operator turnya untuk booking. Sudah siap jalan-jalan ke pulau pasir terbesar sedunia ini?



(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA