Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Jun 2014 19:18 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Aneh Tapi Nyata, Ada Hutan Berwarna Biru di Belgia

detikTravel
Bunga Bluebell berwarna biru yang mendominasi hutan (Thinkstock)
Hallerbos - Jika umumnya sebuah hutan didominasi oleh warna hijau, lain halnya dengan hutan di Hallerbos, Belgia. Pada musim tertentu, hutan ini berubah warna menjadi biru. Fenomena alam tersebut sangat menarik untuk dilihat langsung.

Terletak di antara perbatasan Flanders dan Wallonia, sekitar 30 menit arah selatan Brussel, terdapat Hutan Hallerbos atau Halle's Wood. Dilansir dari situs resmi pemerintah Hallerbos, Jumat (13/6/2014), hutan tersebut terkenal karena berwarna biru.

Hutan biru di Hallerbos terjadi karena suatu fenomena alam. Setiap tahunnya, sekitar akhir April hingga awal Mei, beberapa hektar bagian Hutan Hallerboss ditutupi oleh karpet biru indah yang merupakan bunga Bluebell Hyacinths.

Umumnya pada awal musim semi, dedaunan memenuhi hutan layaknya kanopi. Sinar matahari masuk menyelinap melalui batang pohon dan menyinari bunga bluebell, sehingga warnanya semakin menyala biru keunguan.

Seketika hamparan karpet bunga bluebell memenuhi seluruh isi hutan. Sejauh mata memandang, hanya ada warna biru di sekitar pohon, lembah, hingga sungai.

Pada awalnya, Hutan Hallerbos merupakan bagian dari Hutan Sonian, hutan terbesar di Eropa. Saat Perang Dunia Pertama, Hutan Hallerbos yang asli hancur oleh pasukan tentara.

Kemudian antara tahun 1930 dan 1950, dilakukan upaya revitalisasi. Namun memang, bunga bluebell sudah ada dan tumbuh liar sejak ratusan tahun silam.

Selain bunga bluebell, pengunjung juga dapat melihat kayu yang berwarna kemerahan, dengan bunga yang berbentuk cangkir dan memiliki daun seperti daun semanggi. Serta bunga ramson putih berbentuk bintang atau bawang putih liar yang memiliki bau khas.

Tidak hanya itu, pada musim semi, Hutan Hallerbos juga ramai dengan berbagai jenis burung. Mulai dari blackcap warblers, wrens, hingga nuthatches yang paling berisik.

Terdapat juga tupai merah di antara pohon pinus, elang jika beruntung, dan kecebong di kolam dalam hutan. Indah dan ramai sekali isi Hutan Hallerbos, bagaikan kisah di negeri dongeng!



(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA