Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Jun 2014 15:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Melaka, Kembaran Kota Tua Jakarta di Malaysia

detikTravel
Menara Jam Melaka, lokasi favorit pre-wedding (Widiarto Dwi Pracoyo/d'Traveler)
Menara Jam Melaka, lokasi favorit pre-wedding (Widiarto Dwi Pracoyo/d'Traveler)
Melaka - Malaysia sebagai negara tetangga Indonesia jelas memiliki banyak kemiripan dalam ragam seni dan budaya. Siapa sangka, kawasan Kota Tua yang ada di Jakarta pun memiliki kembaran serupa di Malaysia yakni kota Melaka.

Persamaan kultural dan historis yang dimiliki membuat Jakarta dan Melaka mengadakan kesepakatan untuk membuat suatu Sister City. Sister City adalah konsep persamaan dua kota yang berbeda negara. Penandatanganan kerjasama antara kedua kota tersebut dilakukan oleh Wagub Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Datuk Seri Hj Idris sebagai perwakilan dari Melaka.

Kota Melaka memiliki banyak sekali bangunan-bangunan tua bergaya Eropa yang cantik, mirip dengan kawasan kota tua yang ada di Jakarta. Bangunan ini tersebar di seluruh penjuru Melaka. Anda bisa mengunjungi Melacca River Cruise atau Jonker Street untuk melihat keindahannya di malam hari.

Gereja Melaka, Menara Jam, dan Air Mancur Victoria, menjadi titik keramaian warga dan wisatawan merasakan kejayaan masa lampau Malaka. Berjalanlah di sekitar kawasan kota tua, Anda pasti akan menemukan museum di setiap celah kotanya.

Anda juga bisa menaiki Menara Taming Sari untuk melihat keindahan kota Malaka dari ketinggian. Anda bisa menikmati indahnya sunset di Selat Malaka, sebagai latar belakang cantik di kota ini. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Museum Angkatan Laut Malaysia dan Museum Maritim dengan bentuk bangunan seperti Kapal.

Pada tahun 2008, UNESCO bahkan menganugerahi kota Melaka sebagai World Heritage City. Tidak heran, para wisatawan mulai melirik Melaka sebagai salah satu destinasi wisata favorit mereka. Anda bisa memasukkan Melaka ke daftar tujuan wisata impian berikutnya.



(ptr/fay)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED