Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Apr 2015 08:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Wush! Meluncur dengan Flying Fox Antarpulau di Kinabalu

detikTravel
Flying fox antarpulau di Tunku Abdul Rahman Park (Silvia/detikTravel)
Kinabalu -

Biasanya kita mencoba permainan flying fox dari satu pohon ke pohon lain. Tapi di Tunku Abdul Rahman Park, Kinabalu, Malaysia, kita bisa mencoba ke flying fox dari satu pulau ke pulau lain. Seru!

Tunku Abdul Rahman Park adalah taman nasional seluas hampir 5.000 hektare yang 2/3 kawasannya adalah laut. Kita harus menempuh perjalanan sekitar 20 menit menggunakan kapal cepat dari Sutera Harbour Marina, Kota Kinabalu, ke arah barat

detikTravel pergi ke Tunku Abdul Rahman Park pekan lalu. Sampailah kami di Pulau Sapi, satu dari lima pulau di Tunku Abdul Rahman Park. Empat lainnya adalah Pulau Gaya (berarti Besar), Pulau Manukan (Ayam), Mamutik (Kerang), dan Sulug (Tidur).

Dari lima pulau yang tergabung Tunku Abdul Rahman Park, hanya satu yang merupakan pulau resort, yakni Manukan. Pulau Sapi tempat kami mendarat ini, misalnya, tak ada fasilitas menginap, hanya ada penyediaan alat snorkeling.

Perairan seputar Pulau Sapi adalah lokasi snorkeling dan zipline alias flying fox yang unik. Bagaimana tidak, flying fox ini menghubungkan dua pulau, Pulau Sapi ke Pulau Gaya, sejauh 280 meter dengan ketinggian tali 30 meter dari permukaan air.

Peserta zipline akan dipasangi harness dan helm terlebih dahulu, baru kemudian mendaki sejauh 200 meter hingga mencapai platform. Dua petugas sudah menunggu di sana untuk mengaitkan harness ke tali baja sambil memberi beberapa tips.

Mereka meminta kami rileks saja, duduk di platform, luruskan kaki, nanti pegang gagang seperti pegang setir sepeda saja, jangan menumpukan seluruh berat badan ke situ. Karena tahu kami tegang, salah satunya berkelakar.

"Jangan terjun ya, di bawah itu karang semua," canda petugas operator itu.

Setelah semua siap, penahan pun dilepas. Wooohoooo…!!!! Dua orang meluncur deras secepat 60 km/jam. Air dangkal terseberangi, dan tak sampai tiga menit sudah mendarat di Pulau Gaya. Seru dan tak seseram yang ditakutkan, rupanya!

(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA