Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Jun 2015 07:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Hewan Unik di Jepang, Cumi-cumi Menyala Dalam Gelap

Firefly Squid, fenomena gerombolan cumi-cumi menyala dalam gelap di Toyama Bay (Getty Images)
Firefly Squid, fenomena gerombolan cumi-cumi menyala dalam gelap di Toyama Bay (Getty Images)
Toyama - Maret sampai Juni tiap tahunnya, fenomena unik terjadi di perairan Jepang. Ribuan cumi-cumi glow in the dark, biasa disebut Firefly Squid bergerombol di Teluk Toyama. Mereka bisa menyala di dalam gelap!

Toyama Bay adalah teluk terbesar ketiga di Jepang, terletak di sebelah utara Pulau Honshu. Teluk ini terkenal oleh fenomena Firefly Squid, cumi-cumi yang bisa menyala dalam gelap. Mengutip BBC, Senin (15/6/2015), fenomena unik ini bisa dilihat bulan Maret-Juni tiap tahunnya.

Saat siang, Firefly Squid 'berlindung' di perairan dalam. Namun saat malam, mereka naik ke permukaan dan menghasilkan atraksi glow in the dark yang sangat indah. Cahaya yang dikeluarkan Firefly Squid merupakan kamuflase agar tampak saru dengan pantulan cahaya di permukaan air.

Bayangkan ribuan Firefly Squid tersebar di Teluk Toyama, mirip dengan salah satu adegan di film 'Life of Pi'. Namun seperti hewan laut pada umumnya di Jepang, cumi-cumi ini rupanya jadi sumber makanan. Para nelayan bahkan biasa memakannya mentah-mentah, langsung dari laut.

Traveler juga bisa belajar tentang Firefly Squid di Hotaru Ika Museum, Kota Namerikawa. Restoran di bagian atas museum yakni Kousai menyuguhkan menu Firefly Squid Tempura. Toko suvenir di museum ini juga menyuguhkan aneka olahan Firefly Squid dalam bentuk bubuk, kaleng, sampai permen.

Hotaru Ika Museum juga punya program Firefly Squid Sightseeing Tour, berlangsung tiap Maret-Mei tiap tahunnya. Berangkat pukul 03.00 waktu setempat, Anda akan naik kapal berkeliling Teluk Toyama selama dua jam.



(sst/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA