Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 07 Jul 2015 16:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kota Bernama 'Batman' Sungguhan Ada di Turki

Google Maps
Batman - Bicara soal Batman dan kota, yang terlintas di benak traveler pastilah Gotham City. Tapi siapa sangka, Batman jadi nama kota sungguhan di Turki. Tak hanya kota, Batman juga jadi nama sungai dan provinsi!

Pasti Anda mengenal Batman sebagai superhero DC Comics dengan kostum serba hitam, mengendarai mobil keren nan futuristik, yang tinggal di Gotham City. Tapi bagi warga Turki, Batman bisa berarti lain. Batman menjadi nama kota, sungai, dan provinsi.

Ya, Batman adalah nama ibukota dari Provinsi Batman di wilayah Anatolia, sebelah tenggara Turki. Kota Batman berada di dekat Sungai Batman dan Sungai Tigris.

Mengutip situs pariwisata Turki, Selasa (7/7/2015), Kota Batman dulunya merupakan sebuah desa bernama Siirt atau Iluh. Siirt berkembang menjadi kota, kemudian berganti nama menjadi Batman pada 1957. Dinamakan begitu karena terletak dekat dengan Sungai Batman.

Batman kemudian menjadi ibukota dari provinsi bernama sama. Provinsi Batman memiliki luas 4.649 km2 dengan beberapa kota besar lainnya seperti Besiri, Gercus, Hasankeyf, Kozluk, dan Sason.

Batman sebagai nama kota sempat menjadi perhatian dunia. Pada 2008, Walikota Batman berniat menuntut Warner Bros dan Christopher Nolan sebagai sutradara trilogi The Dark Knight.

"Hanya ada satu Batman di dunia ini," begitu katanya kepada para jurnalis. Meski begitu, komik Batman pertama muncul pada 1939 dan itu puluhan tahun sebelum Batman menjadi nama kota.

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA