Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Sep 2015 19:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Kota Terbengkalai yang Konon Paling Berhantu

Kota Pripyat di Ukraina (Gleb Garanich/Reuters)
Pripyat -

Di berbagai belahan dunia ada saja tempat yang terbengkalai dan ditinggalkan oleh penghuninya dengan berbagai sebab. Ada 5 kota yang paling terbengkalai di dunia dan konon berhantu.

Ada Kota Pripyat di Ukraina yang ditinggalkan akibat ledakan reaktor nuklir Chernobyl, hingga Port Arthur di Australia yang menjadi lokasi pembunuhan berdarah. Dihimpun detikTravel, Rabu (30/9/2015) ada setidaknya 5 kota terbengkalai yang cukup mengerikan di dunia:


1. Pripyat, Ukraina

Sejarah mencatat ledakan reaktor nuklir Chernobyl pada April 1986 sebagai salah satu tragedi besar. Kejadian tersebut telah menghancurkan Kota Pripyat yang menjadi lokasi reaktor nuklir di Ukraina. Akibatnya, kota tersebut ditinggalkan hingga sekarang.

Puluhan tahun setelah ditinggalkan oleh penghuninya, tidak sedikit traveler yang datang ke Pripyat untuk menyaksikan langsung kota yang menyimpan tragedi itu. Suasana kotanya memang begitu mengerikan dan seakan tidak berubah sejak saat itu.

Namun traveler tidak bisa sembarangan keliling Pripyat. Walau sudah lama berlalu, namun radiasi dari bekas reaktor nuklir tersebut masih ada di beberapa bagian Kota Pripyat. Sejumlah peneliti mengatakan bahwa kota tersebut tidak aman untuk dihuni hingga entah kapan.



2. Pulau Hashima, Jepang

Tempat mengerikan yang ditinggalkan berikutnya berada di Pulau Hashima, Jepang. Pulau yang disebut sebagai kapal perang atau 'Gunkanjima' itu merupakan bekas tambang batu bara yang dahulu sempat berjaya.

Namun ketika tambang batubara yang ada di sana ditutup pada tahun 1974, mendadak kota itu ditinggalkan 5.000 penghuninya dan berubah menjadi kota hantu. Traveler dapat melihat gedung bertingkat yang sudah rusak dan dimakan usia.

Uniknya, Pulau Hashima juga sempat menjadi setting dari film action 'James Bond: Skyfall' yang dibintangi oleh aktor Daniel Craig. Pulau itu dapat dilihat di adegan tengah film.



3. Oradour-sur-Glane, Prancis

Oradour-sur-Glane, sebuah desa di Prancis yang dihancurkan oleh pihak NAZI Jerman saat Perang Dunia II. Sejarahnya, Oradour-sur-Glane merupakan sebuah desa yang tenang dan damai seperti lainnnya. Namun kedamaian itu berubah ketika pasukan NAZI Jerman datang.

Pasukan NAZI Jerman yang datang ke desa tersebut telah membunuh sekitar 642 oenghuninya pada Juni 1944. Tercatat setidaknya 400 penduduk yang terdiri dari wanita dan anak-anak ditembak sampai dibakar hidup-hidup. Sungguh keji.

Atas tragedi tersebut, Desa Oradour-sur-Glane ditinggalan dan dijadikan monumen peringatan atas kejadian kelam tersebut. Kemudian penduduk sebelumnya yang bertahan mendirikan desa baru di dekatnya.



4. Varosha, Cyprus

Sekilas tidak ada yang berbeda dengan Kota Varosha di Cyprus yang berada di tepi pantai. Namun jika diperhatikan, kota tersebut tidak dihuni oleh seorang pun dan tampak seperti kota mati. Sungguh aneh.

Usut punya usut, Varosha sempat diinvasi oleh tentara Turki pada tahun 1974 dan ditinggalkan oleh 40 ribu penghuninya. Barisan hotel dan resor yang berada di tepian pantai itu menjelma menjadi kota mati yang begitu menyeramkan.

Padahal pada masa jayanya, Varosha sempat dikunjungi oleh bintang film legendaris seperti Elizabeth Taylor dan Brigitte Bardot. Sekarang hanya kota mati saja.



5. Port Arthur, Australia

Kota hantu berikutnya adalah Port Arthur di Tasmania, Australia. Padahal apabila dilihat, kelihatannya tidak ada yang salah dengan Port Arthur yang diisi oleh bangunan bersejarah dan alam yang hijau.

Namun dahulu kala, Port Arthur merupakan lokasi dari penjara. Adapun tragedi berdarah terjadi pada tahun 1996, di mana 35 orang terbunuh dan hampir dua lusin penduduk Australia terluka saat itu. Membuat kota itu ditinggalkan begitu saja.

(rdy/Aditya Fajar Indrawan)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA