Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Okt 2015 19:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kisah Traveler yang Menginap di Kota Hantu Chernobyl

Kota Pripyat yang ditinggal penghuninya (@globalgaz/Instagram)
Kota Pripyat yang ditinggal penghuninya (@globalgaz/Instagram)
Jakarta - Pripyat di Ukraina merupakan bukti dari tragedi nuklir Chernobyl tahun 1986 yang menewaskan banyak orang. Namun sejumlah traveler malah menginap di kota hantu Chernobyl selama dua hari.

Beda dan ekstrim, mungkin itu adalah ungkapan yang paling tepat untuk travel blogger terkemuka dari Amerika, Ric Gazarian. Pria petualang tersebut memang telah keliling dunia dan mengunjungi banyak tempat, dimana salah satunya adalah menginap dua hari di Pripyat.

Dilansir detikTravel dari blog pribadi Ric, Global Gaz, Jumat (23/10/2015) diketahui kalau Ric menginap di sebuah hostel yang berada 50 km dari reaktor nuklir. Tentu tindakan Ric bisa dibilang nekat, secara pengaruh radiasi nuklir yang berbahaya masih terpapar di Pripyat yang berdekatan dengan bekas reaktor nuklir.

Sejarahnya, ledakan reaktor nuklir nomor 4 di Chernobyl pada 26 April 1986 telah membuat seisi kota terpapar radiasi hingga sekarang. Bayangkan saja, kota yang dulunya dihuni oleh 50 ribu penghuninya ditinggalkan begitu saja.


(@globalgaz/Instagram)

Selama di Chernobyl, Ric masuk ke dalam apartemen dengan belasan lantai yang terbengkalai dan tidak terjamah sejak kejadian ledakan reaktor nuklir. Bahkan bisa dibilang kalau Chernobyl adalah perwujudan dari kota hantu dengan latar belakang tragedi mengerikan.

Selain itu Ric juga melihat kuburan mobil dan taman rekreasi Pripyat yang terbengkalai. Kedua tempat tersebut memang dibuka untuk publik sebagai kenangan akan tragedi di masa lalu. Ric pun berhasil menangkap potret suram melalui kameranya.

Dalam perjalanannya, Ric juga berinteraksi dengan penghuni kota yang dahulu sempat pindah akibat bahaya radiasi. Setelah puluhan tahun, akhirnya mereka memberanikan diri untuk kembali dan memulai hidup dari nol kembali.


(@globalgaz/Instagram)

Kini, beberapa area Kota Pripyat dibuka sebagian untuk umum. Tapi layaknya tempat karantina, traveler dapat menemukan banyak penjaga yang akan mengingatkan area yang boleh dilewati dan yang tidak.

Namun satu yang perlu diingat, siapa pun tidak diperkenankan untuk menyentuh apapun, atau makan dan minum segala hal yang tidak berasal dari zona aman. Bahkan duduk di tanah saja juga tidak boleh.

Ric pun menuliskan kisah perjalanannya di blog pribadinya melalui tulisan dan foto. Jika ingin tahu lebih soal kota hantu Pripyat di Ukraina, mungkin bisa mampir ke blognya langsung.


(@globalgaz/Instagram)

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA