Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Nov 2015 07:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Baru Aneh, Kereta Api Masuk Stadion Sepakbola

Afif Farhan
detikTravel
Kereta yang berada di pinggir lapangan Stadion Dobroc, Slovakia (vlareha/Youtube)
Kereta yang berada di pinggir lapangan Stadion Dobroc, Slovakia (vlareha/Youtube)
Cierny Balog - Beberapa negara di dunia memiliki stadion sepakbola yang bikin turis heran. Stadion Dobroc di Slovakia, pinggiran lapangannya dilintasi kereta api. Tut..tut...

Kalau sebelumnya ada stadion di Norwegia yang disebut-sebut paling indah, karena ada di pulau kecil di tengah laut, yang satu ini berbeda. Inilah Stadion Dobroc milik klub amatir TJ Tatran Cierny Balog di Slovakia.

Beberapa media internasional seperti Independent, Mirror dan EveningStandard seperti dirangkum detikTravel, Selasa (24/11/2015) menyebut Stadion Dobroc adalah stadion sepakbola paling aneh di dunia. Bayangkan saja, ada lintasan kereta api di pinggiran lapangan bola!


(vlareha/Youtube)

Stadion Dobroc berada di kawasan Cierny Balog, Brezno District. Dari Kota Bratislava, ibukota negara Slovakia, butuh dua jam naik mobil untuk tiba di sana.

Cierny Balog memang sejatinya bukan destinasi wisata. Tapi, stadion sepakbola di sanalah yang bikin turis mau melihat langsung dan geleng-geleng kepala. Bagaimana bisa, ada lintasan kereta api di dalam stadion?

Ceritanya begini, lintasan kereta api tersebut adalah lintasan dari Cierny Hron Railway. Keretanya sudah ada sejak tahun 1909 yang diperuntukan untuk mengangkut hasil penebangan kayu-kayu dan hasil alam lainnya dari gunung. Keretanya punya lintasan sepanjang 131,9 km dan menghubungkan antara Cierny Balog dan Hronec.


(vlareha/Youtube)

Kereta apinya sendiri merupakan kereta api uap. Sempat digunakan sebagai transportasi umum di tahun 1928, akhirnya keretanya diberhentikan di tahun 1992. Tapi beberapa tahun setelahnya, kembali dibuka sebagai kereta wisata.

Turis yang naik keretanya, akan disajikan pemandangan gunung-gunung dan hutan lebat. Begitu masuk ke Cierny Balog, siap-siap terbelalak karena kereta uapnya akan melintasi pinggir lapangan sepakbola di Stadion Dobroc.

Meski dilewati kereta api, pertandingan sepakbola di stadionnya akan tetap berlangsung. Para penonton di tribun, akan mengeluarkan kamera untuk mengambil gambar yang langka yakni kereta api masuk stadion sepakbola!


(vlareha/Youtube)

Asyiknya lagi, para penonton tak ragu untuk bertepuk tangan dan melambaikan tangan ke kereta. Walau banyak asap yang membumbung tinggi dari lokomotifnya, toh tak jadi masalah.

Ada satu yang jadi misteri, hingga kini belum diketahui pasti siapa pendiri stadion dan mengapa membangun stadionnya di sana. Klub sepakbola TJ Tatran Cierny Balog berdiri sejak tahun 1933, yang artinya lebih dulu terdapat lintasan kereta apinya daripada klubnya.


(TJ Tatran Cierny Balog/Facebook)

Dalam penelusuran detikTravel melalui akun Facebook, ternyata TJ Tatran Cierny Balog memiliki logo yang unik. Di laman Facebook resminya, klub tersebut punya logo kereta api yang mengangkut bola sepak. Ada-ada saja...

Begini cuplikan Stadion Dobroc milik TJ Tatran Cierny Balog yang dilintasi kereta api:



(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA