Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Des 2015 19:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Liburan Seru 3 Hari 2 Malam Bareng Sahabat di Melbourne

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Koala, hewan khas Australia (zoo.org.au)
Koala, hewan khas Australia (zoo.org.au)
Melbourne - Melbourne adalah kota di Australia yang jadi favorit wisatawan. Kota ini pun cocok menjadi pilihan destinasi liburan seru bersama para sahabat.

Banyak aktivitas liburan menarik yang bisa dilakukan di Melbourne. Mulai dari belanja puas hingga naik balon udara di Yarra Valley yang indah. Disusun detikTravel, inilah rute jalan-jalan 3 hari 2 malam di Melbourne bersama sahabat:



1. Hari ke-1 pagi: Werribee Open Range Zoo


(zoo.org.au)

Awali petualangan di Melbourne dengan berkunjung ke Werribee Open Range Zoo. Kebun binatang tersebut berjarak sekitar 35 km dari pusat Kota Melbourne. Selama di sini, traveler bisa merasakan safari dengan kendaraan terbuka di alam liar ala Australia.

Hewan-hewan menggemaskan seperti koala dan kanguru siap menyambut di sini. Binatang lainnya seperti kuda nil, jerapah, zebra dan lain sebagainya yang sedang mencari makan di padang savana dapat dengan mudah dilihat oleh traveler.

Werribee Open Range Zoo buka setiap hari dari pukul 09.00-17.00 waktu setempat. Semakin cepat datang, semakin banyak waktu yang bisa dihabiskan di kebun binatang. Untuk Harga tiket masuknya AUD 31,6 (Rp 312 ribu) per orang dewasa.

2. Hari ke-1 siang: Royal Botanic Gardens


(visitmelbourne.com)

Setelah bermain di kebun binatang, lanjutkan perjalanan ke Royal Botanic Gardens. Lokasinya ada di Birdwood Ave, South Yarra, di sekitar pusat Kota Melbourne.

Taman ini menyajikan aneka tanaman seperti bunga-bunga khas Australia yang tumbuh subur. Selain itu, pengunjung bisa mengenal lebih dekat mengenai suku Aborigin dengan ikut tur Aborignal Heritage Walk yang diadakan setiap hari.

Royal Botanic Gardens memang dibangun di lahan yang dulunya menjadi perkemahan dan tempat pertemuan masyarakat Boonwurrung dan Woiwurrung. Akan seorang suku Aborigin yang memandu tur dengan ramah. Pemandu juga akan dengan senang hati menjawab berbagai pertanyaan terkait suku Aborigin.

3. Hari ke-1 malam: Southbank


(Angga/detikTravel)

Tepian Sungai Yarra, tepatnya di kawasan Southbank menjadi salah satu tempat nongkrong populer di Kota Melbourne. Baik warga dan turis dari berbagai usia, banyak yang bersantai di sini.

Anda dan teman-teman bisa nongkrong gratis ataupun berbayar di Southbank. Kalau mau yang tak berbayar, bisa duduk-duduk santai di bangku yang tersedia, atau tiduran di atas rumput di pinggir sungai.

Kalau mau yang sedikit merogoh kocek, datang saja ke aneka kafe yang menjual berbagai makanan dan minuman. Tinggal pilih saja kafe yang menurut Anda paling oke dan nikmati berbagai sajian lezat yang tersedia.

4. Hari ke-2 pagi: Chapel Street


(AceGapuz/Twitter)

Hari kedua di Melbourne, saatnya berbelanja. Langkahkan kaki ke Chapel Street, di mana ada ratusan toko fashion branded. Mulai dari baju, celana, sepatu hingga aksesoris, semua ada.

Toko di sini juga ada yang menjual pakaian vintage. Traveler penggemar fashion dijamin betah berlama-lama di sekitar Chapel Street. Kalau lapar usai berbelanja, ada banyak kafe, bar dan restoran untuk bersantap.

Selain belanja, di sekitar Chapel Street Anda pun dapat mengunjungi teater dan galeri untuk melihat karya seni. Pastinya, Anda dan teman-teman harus hati-hati menjaga barang bawaan agar tidak hilang. Chapel Street termasuk kawasan wisata yang padat, dan bukan tidak mungkin ada pencopet yang beraksi di sini.

5. Hari ke-2 siang: Queen Victoria Market


(Andi Saputra/detikTravel)

Queen Victoria Market merupakan pasar tertua di Melbourne yang berdiri sejak abad ke-19. Kalau dari Chapel Street, jaraknya sekitar 7 km dan bisa dicapai dengan mobil atau trem.

Pasar ini merupakan salah satu tempat belanja oleh-oleh favorit turis Melbourne. Aneka pernak-pernik, pakaian, perhiasan hingga lukisan, semua bisa ditemukan di sini. Asyiknya lagi, harga yang ditawarkan masih bisa ditawar.

Queen Victoria Market buka setiap hari kecuali Senin dan Rabu. Jika berkunjung di hari Jumat, pasar akan buka hingga sekitar pukul 17.00. Belanjalah sepuasnya hingga menjelang tutup, siapa tahu bisa dapat potongan harga lebih banyak dari pedagang.

6. Hari ke-1 malam: Degraves Street


(australia.com)

Nikmati suasana malam di Melbourne dengan menjelajah gang-gang kecil di sekitar Degrave Street. Banyak kafe-kafe kecil, bar dan restoran bergaya klasik yang asyik buat nongkrong.

Aroma kopi dan aneka jajanan menguar di sepanjang gang-gang yang sempit. Turis dari berbagai negara tampak seliweran di sekitar gang. Nongkrong di sini pun dijamin bakalan betah!

Degrave Street juga pas sekali buat hunting foto-foto keren ala kartu pos Melbourne. Tembok bangunan juga banyak yang dihiasi grafitti keren. Jadi, jangan lupa isi penuh baterai kamera sebelum datang kemari.

7. Hari ke-3 pagi: Yarra Valley


(Thinkstock)

Yarra Valley merupakan salah satu kawasan penghasil wine terbaik se-Australia. Lokasinya memang agak jauh dari pusat Kota Melbourne yaitu 90 km, tapi perjalanan yang jauh akan terbayar dengan pengalaman tak terlupakan di Yarra Valley.

Anda dan teman-teman bisa ikut tur mengunjungi pabrik wine dan melihat kebun anggur yang luas. Tak hanya itu, pengalaman langka naik balon udara dan melihat pemandangan indah kebun anggur dari ketinggian, bisa dirasakan di Yarra Valley. Ada beberapa operator yang bisa dipilih misalnya Global Ballooning. Untuk bisa ikut tur balon udara ini biayanya mulai dari AUD 365 (Rp 3,7 juta).

(rdy/arradf)

BERITA TERKAIT
NEWS FEED