Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Des 2015 15:53 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Batu Pijakan Nabi Muhammad Saat Miraj

Erwin Dariyanto
Redaksi Travel
Dome of The Rock (Erwin Dariyanto/detikTravel)
Dome of The Rock (Erwin Dariyanto/detikTravel)
Yerusalem - Hari ini umat Muslim di seluruh dunia merayakan Maulid Nabi, hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Salah satu babak perjuangan dakwahnya adalah batu pijakan Miraj di depan Masjidil Aqsa.

Hari Maulid Nabi adalah momen yang tepat untuk mengenang perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan agama Islam ke seluruh dunia. Salah satu tempat kenangan perjuangan beliau ada di Yerusalem, tepatnya di kompleks Masjidil Aqsa.

detikTravel berkunjung ke sana beberapa waktu silam. Selain berkunjung ke Masjidil Aqsa, detikTravel juga berkunjung ke Dome of The Rock atau disebut juga Masjid Umar.

Persis berhadapan dengan Masjid Al Aqsa adalah Dome of The Rock dengan kubah emas yang tak kalah megah. Masjid Umar dibangun tahun 691 sampai 715 Masehi di masa Umayyah.

Dome of The Rock dan pemandangan Yerusalem (Erwin/detikTravel)

Dome of The Rock adalah tempat sakral bagi umat Muslim dan Yahudi. Di dalam bangunan ini ada pelataran batu yang diyakini umat Yahudi sebagai tempat Ibrahim melakukan perintah kurban.

Sedangkan bagi umat Muslim ini batu yang diyakini sebagai tempat pijakan Nabi Muhammad SAW saat melakukan Miraj. Selain sebagai pijakan Nabi Muhammad, batu ini juga diyakini pernah digunakan oleh Khalifah Umar bin Khatab berdoa. Bangunan Dome of The Rock berbentuk segi delapan alias oktagonal mengelilingi batu yang diyakini sebagai tempat pijakan Nabi Muhammad saat Miraj.

Pemandu bernama Ala, mengajak kami masuk ke dalam dan langsung menuju sebuah lubang berbentuk gua yang berada di bawah masjid. Gua itu merupakan batu tempat pijakan Nabi Muhammad saat Miraj.  

"Batu ini diyakini sebagi tempat pijakan Nabi Muhammad saat Miraj, namun tak ada yang bisa memastikan di sebelah mananya," kata Ala.

Ada tiga miniatur masjid di dalam gua tersebut yakni; Masjidil Haram (Makkah), Masjid Nabawi (Madinah), dan Masjidil Aqsa (Yerusalam). "Bagi umat Islam ada tiga masjid utama yakni Masjidil Haram, Nabawi dan Al Aqsa," kata Ala.

Ala kembali menyarankan kami menunaikan salat sunah di Dome of The Rock. Sebelum meninggalkan Dome of The Rock, Ala menawarkan untuk menuliskan nama keluarga kami di sebuah Al Quran yang akan disumbangkan ke Masjid Al Aqsa.

"Tulis nama Anda dan keluarga, nanti akan kami tuliskan dalam Al Quran yang akan kami sumbangkan ke Masjid Al Aqsa," kata Ala.

Pengunjung tak perlu membayar agar namanya ditulis dalam Al Quran tersebut. "Namun bila menyumbang, berapapun yang Anda berikan, kami akan sangat berterimakasih," kata Ala.

Setelah menuliskan nama keluarga, kami dan rombongan pun keluar dari Dome of The Rock. Di halaman kami memanfaatkan waktu untuk berfoto dengan latar belakang Masjid Al Aqsa dan Dome of The Rock.


Tempat salat di bawah batu Dome of The Rock (Erwin/detikTravel) (fay/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Ketika 'Aquaman' Liburan

Rabu, 22 Nov 2017 22:55 WIB

Nama Jason Momoa naik daun setelah menjadi karakter Aquman di film Justice League. Di balik tampang sangarnya, aktor kelahiran Hawaii ini juga suka liburan.