Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Jan 2016 12:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

6 Rumah Ibadah Paling Indah di Dunia

Basilika St Peter (Vaticanstate.va)
New Delhi - Rumah ibadah tidak hanya menjadi tempat untuk menyembah Tuhan, namun juga tempat wisata religi. Berikut adalah 6 rumah ibadah yang terkenal indah di dunia.

Selain dikenal sakral, rumah ibadah menjadi salah satu tempat untuk memanjatkan doa pada Sang Pencipta. Tidak jarang sebuah rumah ibadah dibuat begitu indah dan dikunjungi oleh wisatawan yang terpesona akan kecantikannya.

Sebuah situs tanya jawab online, Quora mengumpulkan respon dari para pengguna internet dengan latar belakang berbeda untuk mencari tahu tentang rumah ibadah yang paling indah. Dilansir detikTravel dari situs Quora, Kamis (7/1/2015) inilah 6 rumah ibadah paling indah di dunia:


(Mohammad Reza Domiri Ganji/CNN)
 
1. Masjid Nasir Al Mulk, Iran

Dibangun pada tahun 1888, kemegahan Masjid Nasir Al Mulk di Iran bisa dibilang sangat memesona. Terlepas dari usianya yang sudah ratusan tahun dan bersejarah, masjid di Kota Shiraz tersebut memang selalu menarik untuk dikunjungi turis.
 
Arsitektur, interior dan warna pink di dalam masjid jadi magnet utamanya. Bahkan atas keunikannya, Masjid Nasir Al Mulk juga dikenal dengan Masjid Pink. Kaligrafi bertuliskan huruf Arab yang ada di dinding masjid juga semakin menambah keindahan.

Banyak turis yang sengaja datang untuk melihat bagian dalam masjid. Mereka berlomba-lomba datang untuk mengambil foto masjid. Pengelola masjid memang membolehkan turis untuk mengambil foto. Tapi ingat, ketenangan masjid tetap harus dijaga agar tidak mengganggu wisatawan.


(Erwin Dariyanto/detikTravel)

2. Dome of Rock, Yerusalem

Dome of Rock di Yerusalem, Israel terkenal sebagai bangunan ibadah bersejarah bagi tiga agama besar di dunia. Kecantikannya juga terpancar dari kubah luarnya yang tampak berwarna emas. Kaligrafi dan motif cantik yang didominasi warna biru menyiratkan kesan megah.

Bagi umat muslim, Dome of Rock juga dikenal sebagai Masjid Umar dan berhadapan langsung dengan Masjid Al Aqsa. Dome of Rock juga diyakini sebagai tempat pijakan Nabi Muhammad SAW saat melakukan Miraj. Selain sebagai pijakan Nabi Muhammad, batu ini juga diyakini pernah digunakan oleh Khalifah Umar bin Khatab berdoa.

Melihat keindahan Dome of Rock, tidak sedikit peziarah yang dibuat kagum. Usut punya usut, warna emas di kubahnya berasal dari emas asli seberat 80 kg!


(Shwedagon Pagoda)

3. Shwedagon Pagoda, Myanmar

Traveler yang liburan ke Yangon di Myanmar, tentu tidak akan melewatkan Shwedagon Pagoda yang merupakan salah satu kuil Buddha paling indah di dunia. Betapa tidak, kuil berusia ribuan tahun ini dilapisi ribuan batang emas dan berlian yang menawan, sekaligus menyimpan delapan helai rambut Buddha yang sakral.

Selain itu, stupa bagian bawah terbuat dari 8.688 batang emas. Ditambah 13.153 batang lagi di stupa bagian atasnya. Pada puncak pagoda ini terdapat 5.448 buah batu berlian, 2.317 batu ruby, 1.065 lonceng emas, serta satu buah berlian 76 karat yang menjadi titik tertinggi Shwedagon Pagoda.

Jika ingin masuk, Anda harus melepas sepatu terlebih dahulu sebelum menginjakkan kaki di pintu masuk. Jangan lupa juga untuk mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup.


(Titry Frilyani/d'Traveler)

4. Basilika St Peter, Vatikan

Bagi umat Katolik, Basilika St Peter di Vatikan merupakan tempat paling sakral sekaligus rumah dari Paus yang merupakan pemimpin agama. Tidak sedikit wisatawan hingga peziarah datang untuk berdoa hingga mengagumi kecantikannya.

Basilika St Peter juga menjadi salah satu contoh dari arsitektur zaman Renaissance. Beberapa nama seniman Italia kenamaan seperti Donato Bramante hingga Michelangelo Buonarroti diketahui ikut menghias Basilika St Peter.

Namun tidak hanya memiliki arsitektur yang cantik, Basilika St peter juga menyimpan berbagai patung seni terkenal yang tidak ternilai harganya. Bahkan bisa dikatakan bahwa Basilika St Peter tidak ada ubahnya dengan museum. Bedanya, Basilika St Peter masih dipakai sebagai tempat misa.


(Youtube)

5. Lotus Temple, India

Rumah ibadah cantik tidak melulu harus kuno dan berumur ribuan tahun. Bagi umat Baha'i di New Delhi, India Lotus Temple atau Kuil Lotus yang baru dibangun tahun 1986 bisa disebut sebagai salah satu rumah ibadah yang indah.

Sesuai namanya, kuil tersebut mengambil bentuk menyerupai bunga lotus. Hal itu semakin diperjelas dengan kehadiran sturktur berbentuk bunga lotus sebanyak 27 buah yang menghiasi langit-langit kuil. Secara kapasitas, Kuil Lotus dapat menampung hingga 2.500 orang.

Kecantikannya terbukti tidak hanya mengundang peziarah, namun juga wisatawan yang penasaran. Faktanya, Kuil Lotus juga telah memenangkan sejumlah penghargaan di bidang arsitektur, seni, agama dan pemerintahan.


(Parotaktsang.org)

6. Paro Taktsang, Bhutan

Rumah ibadah terakhir yang terkenal cantik adalah Paro Taktsang yang berada di Bhutan. Berada di pinggir tebing dengan ketinggian 3.800 meter dari Lembah Paro, Kuil Paro Taktsang menjadi tempat yang damai dan jauh dari kebisingan.

Dikenal dengan Kuil Tiger's Nest, rumah ibadah tersebut juga sangat sakral bagi para biksu dan umat Buddha di seluruh dunia. Konon Guru Padmasambhava diketahui bermeditasi selama lebih dari tiga tahun di Paro Taktsang.

Di dalamnya juga terdapat empat kuil utama yang dihiasi oleh lukisan sang Buddha yang tengah melawan iblis. Selain sarat makna dan nilai moral, lukisan tersebut juga membuat Paro Taktsang semakin indah. Tapi walau indah, jangan lupa untuk tetap bersikap sopan di dalam rumah ibadah ya!

(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA