Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Jan 2016 13:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Penampakan Katak Paling Kecil di Dunia

Afif Farhan
detikTravel
Katak terkecil di dunia di Kuba (Tanveer Badal/BBC Travel)
Havana - Kuba tak hanya memiliki deretan pantai eksotis. Jika masuk dan bertualang ke dalam hutannya, siap-siap melihat katak terkecil di dunia. Panjangnya tak sampai 1 cm!

Seperti dilansir dari BBC Travel, Jumat (8/1/2016) selama ini Kuba yang berada di antara Amerika Serikat dan Amerika Selatan, tepatnya di tengah-tengah antara Florida (AS) dan Venezuela hanya terkenal dengan pantai-pantainya saja. Pantai yang berpasir putih dan lautannya biru jernih.

Lebih dari itu, Kuba menawarkan banyak atraksi wisata dari budaya hingga kuliner yang menggoyang lidah. Bagi yang suka bertualang, negara Che Guevara ini pun memiliki deretan taman nasional yang diselimuti hutan tropis.

Ada satu hal yang akan traveler temukan di dalam hutan tropisnya. Masyarakat setempat menyebutnya, Monte Iberia alias katak yang berukuran kecil. Berapa panjang tubuhnya? Hanya 10 mili meter yang tidak sampai 1 cm!


Monte Iberia, katak yang ukurannya sangat kecil (Animal Kingdom/Youtube)

Katak tersebut berwarna hitam atau cokelat. Mereka mudah ditemukan di pohon-pohon tepatnya di dedaunan. Bentuk tubuhnya yang sangat kecil dan mudah berkamuflase, menyulitkan traveler untuk melihatnya. Harus benar-benar teliti.

Para peneliti menilai, Monte Iberia yang nama ilmiahnya Eleutherodactylus iberia, masuk dalam satu dari tiga jenis katak terkecil di dunia. Tapi khusus di Bumi belahan utara, inilah katak paling kecil di sana.


Hutan tropis di Kuba (Tanveer Badal/BBC Travel)

Katak ini kebanyakan mudah ditemui di kawasan timur Kuba, tepatnya di Provinsi Holguin yang berjarak 8 jam naik mobil dari ibukota Kuba, Havana. Di sana terdapat dua taman nasional, yakni Alejandro de Humboldt National Park dan Sierra Cristal National Park yang jadi habitat katak tersebut.

Monte Iberia, pertama kali ditemukan tahun 1996. Namun rupanya para peneliti masih percaya, kalau di Kuba masih ada katak yang ukurannya lebih kecil lagi. Walah, 10 mm saja sudah sangat kecil bagaimana kalau masih ada yang lebih kecil daripada itu ya?


Katak berukuran 10 mm (Animal Kingdom/Youtube)

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA