Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Apr 2016 07:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Inilah 10 Patung Tertinggi di Dunia

Faela Shafa
detikTravel
Foto: (Nanshan Culture Tourism District)

FOKUS BERITA

Ada Apa Dengan Patung?
Lushan - Beberapa patung dibuat begitu tinggi dan begitu besar. Berikut adalah 10 patung yang tertinggi di dunia yang menjadi perhatian wisatawan.

Patung yang indah membuatnya jadi landmark dan juga ikon dari sebuah destinasi. Kali ini, bukan sekadar indah tapi juga megah.

Saking megahnya, patung-patung berikut ini tinggi menjulang sampai membuat wisatawan penasaran. Dikumpulkan detikTravel, Kamis (21/4/2016), inilah 20 patung yang tertinggi di dunia:

1. Spring Temple Buddha, China
(CNN)
Patung tertinggi di dunia pada saat ini masih dimiliki oleh Spring Temple Buddha. Patung yang berada di Lushan, China ini didatangi jutaan pengunjung setiap tahunnya.

Tingginya 128 meter, menjulang di sekeliling pepohonan yang terlihat seperti rumput, saking tingginya patung ini. Patung berwarna emas ini berdiri di atas teratai emas setinggi 20 meter. Megah!

2. Laykyun Setkyar, Myanmar
(CNN)
Patung Buddha lainnya yang tak kalah tinggi ada di Monywa, Myanmar. Jika digabungkan dengan tempat berdirinya, bisa mencapai 130 meter. Namun patung Laykyun Setkyar ini sendiri memiliki tinggi 116 meter.

Dibangun tahun 2008, patung ini berdiri berdekatan dengan patung reclining Buddha yang tak kalah gigantis. Dari kejauhan, patung ini terlihat berdiri di tengah karpet pepohonan hijau.

3. Ushiku Daibutsu, Jepang
(jnto.go.jp)
Patung tertinggi ketiga ada di Jepang tepatnya di Ushiku, Prefektur Ibaraki. Patung bernama Ushiku Daibutsu ini memiliki total tinggi 110 meter. Hanya berbeda 6 meter saja dari patung Laykyun Setkyar.

Patung yang berwarna abu-abu ini dikelilingi taman cantik yang menarik perhatian para pengunjungnya. Pada dasarnya total tinggi patung ini 120 meter jika digabung dengan jalur pejalan kaki di sekitarnya. Namun jika dihitung keseluruhan patungnya saja, masih tetap lebih tinggi Laykyun Setkyar.

4. Guan Yin, China
(Nanshan Culture Tourism District)
Patung Setinggi 108 meter ini bernama Guan Yin of the South Sea of Sanya. Patung Bodhisattva Avalokitesvara alias Dewi Kwan Im ini berdiri menghadap Sanya dan Laut China Selatan. Dibuat tahun 2005, patung ini mewakili berkah dan perlindungan terhadap tempat di sekelilingnya.

Berada di perairan, Sanya, Hainan, patung ini terlihat begitu magis dari kejauhan. Berbentuk dewi berwarna putih, patung ini berdiri di atas barisan teratai berwarna emas. Tinggi totalnya memang sampai 135 meter, namun tinggi patungnya sendiri hanya 108 meter.

5. Emperors Yan and Huang, China
(Tan Khee Chiang/Facebook)
Masih di China, kali ini mari mengarah ke Zhengzhou. Berdiri di atas bukit batu, ada patung Emperors Yan and Huang yang dibangun seperti Gunung Rushmore di AS. Tingginya mencapai 106 meter dan dibangun selama 20 tahun.

Yang dipahat di sini adalah 2 pemimpin pertama kerajaan China yaitu Yan Di dan Huang Di.

6. Dai Kannon, Jepang
(CNN)
Daikannon adalah patung dewi Kwan Im versi Jepang yang ada di Sendai dan merupakan patung keenam tertinggi di dunia. Tingginya mencapai 100 meter dan ada eskalator yang bisa membawa turis mencapai atasnya.

Dibangun tahun 1991, patung ini berwarna putih dengan wajah dewi Buddhist Bodhisattva Kannon yang begitu teduh. Patung yang berada di tengah kota ini jadi ikon yang tak mungkin dilewatkan para traveler.

7. Qianshou Qianyan Guanyin, China
(Facebook)
Kembali ke China, ada patung Qianshou Qianyan Guanyin yang berada di Weishan, Changsha. Guanyin sendiri merupakan Dewi Kwan Im alias dewi welas asih. Patung yang berwarna emas ini memiliki tinggi 99 meter.

Lokasi sekelilingnya begitu bersih dan luas. Lengkap dengan jalur pedestrian dan pepohonan yang berbaris rapi.

8. Peter the Great, Rusia

Di luar Asia, ada Rusia yang memiliki patung Peter The Great. Berada di Moskow, patung ini menjulang setinggi 96 meter.

Tak semata hanya patungnya saja, namun juga termasuk tumpukan kapal dengan Peter the Great di kapal paling atas. Patung ini terlihat magis saat malam hari.

9. Great Buddha, Thailand
(TAT)
Jika kebanyakan patung tertinggi sedang pose berdiri, tidak dengan yang satu ini. Patung Great Buddha di Ang Thong, Thailand berpose duduk.

Patung Buddha emas yang sedang bersila tenang ini memiliki tinggi 92 meter. Patung ini dikelilingi taman cantik yang bisa dijelajahi para pengunjung.

10. Dai Kannon, Jepang
(Kesaksian Buddhis/Facebook)
Satu lagi patung Dai Kannon dari Jepang. Kali ini tidak berada di Sendai, melainkan di Ashibetsu. Patung dewi pelindung ini menjulang tinggi di tengah bukit dan taman cantik.

Sayangnya, tempat ini jarang didatangi turis. Patung berwarna putih ini memiliki tinggi 88 meter dan bisa didatangi gratis karena toh tidak ada yang menjaga. Bagaimanapun, ada taman sakura di sekelilingnya yang membuat patung ini terlihat lebih cantik di bulan tertentu. (shf/fay)

FOKUS BERITA

Ada Apa Dengan Patung?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA