Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Apr 2016 12:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Rela Melancong ke Luar Negeri Demi 6 Patung Keren Ini

Foto: Patung Hachiko di Tokyo, Jepang (Anindia Indah/d'Traveler)

FOKUS BERITA

Ada Apa Dengan Patung?
Brussels - Salah satu alasan traveling ke luar negeri adalah demi melihat patung paling terkenal di sana. Berikut ini adalah 6 patung yang menjadi favorit wisawatan dunia.

Setidaknya ada 6 patung di dunia yang sering sekali dikunjungi oleh traveler. Mereka rela jauh-jauh hanya demi melihat patung itu. Dihimpun detikTravel Kamis (21/4/2016), inilah 6 patung keren yang membuat traveler rela melancong ke luar negeri.

1. Manekin Piss, Belgia

(Fitraya/detikTravel)
Siapa sangka patung perunggu bocah kecil sedang pipis di Brussels, Belgia bisa terkenal di dunia dan jadi sasaran selfie para wisatawan. Inilah patung Manneken Piss yang menjadi ikon Kota Brussels, bahkan ikonnya Belgia.

Tak jauh dari alun-alun kota tua Brussels, yaitu Grote Markt, kita bisa melihat patung Manneken Piss di sudut jalan Rue de Chene dan Rue de l'Etuve. Patung ini berlokasi di perempatan sebuah gang, yang hanya muat satu mobil saja. Meski kecil, namun patung perunggu ini ramai dipadati turis

Kadang-kadang, patung bocah pipis ini diberi kostum menyambut perayaan hari-hari tertentu, seperti kostum Sinterklas saat menyambut natal, dan yang lainnya. Traveler bisa membawa pulang Manneken Piss yang jadi ciri khas Brussels karena dijual dalam berbagai bentuk cinderamata. Ada yang berupa pembuka botol, asbak, kartu pos, gantungan kunci, magnet kulkas, patung mini, bahkan hingga coklat dan permen.

2. Little Mermaid, Denmark

(Wahyu Daniel/detikTravel)
Belgia boleh punya patung bocah pipis, tetapi Denmark punya Patung Putri Duyung yang jadi ikonnya. Mengunjungi Kota Copenhagen di Denmark tak lengkap bila tidak melihat patung putri duyung atau dikenal dengan Little Mermaid yang melegenda di dunia.

Letak patung ini ada di pantai dekat pelabuhan Copenhagen, tepatnya di kawasan bernama Langelinie. Dari jauh, patung ini memang tidak terlihat. Saat mendekat, ternyata patung legenda ini cukup kecil dan biasa saja. Lokasinya cukup sempit dan dikelilingi bebatuan, jadi harus pintar-pintar cari lokasi untuk berfoto.

Meski begitu, lokasi Patung Little Mermaid tak pernah sepi dari wisatawan. Para turis selalu memenuhi patung putri duyung tersebut untuk bisa berfoto.  Usut punya usut, patung putri duyung tersebut sudah ada sejak tahun 1913 untuk mengenang Hans Christian Andersen, seorang pendongeng di abad ke-19 yang melahirkan banyak karya terkenal seperti kisah Si Putri Duyung.

3. Liberty, AS

(Ari Saputra/detikTravel)
Patung Liberty yang menjadi salah satu ikon New York, AS. Patung setinggi 93 ini menjadi ikon paling terkenal tak hanya di AS, melainkan seluruh dunia. Patung ini berdiri dengan anggun di Pulau Liberty, sambil memandang ke arah Manhattan, AS.

Uniknya, patung tersebut merupakan pemberian rakyat Prancis dan tidak hanya berada di New York. Akan tetapi karena pintar mengemas, Liberty di pulau ini mampu menjadi salah satu landmark paling terkenal di dunia.

Jutaan orang dari berbagai negara mengunjungi Patung Liberty setiap tahunnya. Tak heran jika Liberty menjadi ikon, serta menjadi cindera mata yang banyak diburu oleh wisatawan sebagai tanda bukti sudah pernah melancong hingga ke AS.

4. Merlion, Singapura

(Mierell Christy Ayal/d'Traveler)
Tak lengkap rasanya bicara tentang patung keren tanpa menyebut Patung Merlion yang sudah sangat identik dengan Singapura. Merlion seakan menjadi simbol negara, jika ingat Singapura, maka ingat pula dengan Patung Merlion.

Saking terkenalnya, banyak tiruan Merlion yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Jika melancong ke Singapura, tidak sah kalau belum berfoto dengan latar belakang Patung Merlion.

Kata Merlion sendiri bisa diartikan sebagai Singa Laut. Simbol ini pertama kali didesain oleh Alec Fraser-Brunner, yang digunakan sebagai logo Badan Pariwisata Singapura (STB).

5. Hachiko, Jepang

(Anindia Indah/d'Traveler)
Dari Jepang, ada 1 patung yang demikian terkenal. Apalagi kalau bukan Patung Hachiko. Patung ini menjadi potret kesetiaan seekor anjing terhadap tuannya. Kisah Hachiko memang sangat menyentuh dan membuat orang rela traveling jauh-jauh ke Jepang untuk melihatnya secara langsung.

Patung Hachiko terletak persis di depan Stasiun Shibuya. Keluar dari stasiun, traveler akan langsung disambut kerumunan pohon rimbun menaungi taman kecil. Meski mungil, taman ini sangat tertata dan orang-orang pun tertib. Patung Hachiko terletak tepat di tengah taman.

Patung ini didedikasikan bagi Hachiko, anjing yang setia menunggu tuannya di Stasiun Shibuya sampai si anjing meninggal. Kisah kesetiaan Hachiko tercermin ketika pemilik Hachiko, yakni seorang profesor meninggal mendadak di kampusnya karena serangan jantung. Jenazah sang profesor dikebumikan di daerah asalnya, tidak melewati Shibuya. Meski demikian, Hachiko dengan setia menunggu kepulangan sang profesor. Hachiko pun meninggal pada 1935.

6. Christ The Redeemer, Brasil

(Moksa/detikTravel)
Patung Kristus Sang Penebus di Rio de Janeiro adalah landmark paling terkenal di Brasil. Patung ini sering dikunjungi oleh wisatawan dengan alasan wisata religi. Selain itu, juga untuk berfoto-foto dengan latar belakang patung paling ikonik ini.

Patung Yesus ini berdiri megah dengan tinggi total mencapai 18 meter, bentangan tangannya sendiri mencapai 28 meter. Patung Yesus raksasa terletak di puncak Gunung Corcovado setinggi 700 meter, yang menghadap langsung ke Kota Rio de Janeiro di Brasil.

Traveler dari berbagai penjuru dunia rela melancong jauh hingga ke Brasil demi bertemu dengan sang Yesus. Patung Yesus Penebus Dosa menjadi destinasi religi sekaligus ikon budaya yang identik dengan Brasil, terutama Kota Rio de Janeiro. (wsw/fay)

FOKUS BERITA

Ada Apa Dengan Patung?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA