Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Apr 2016 12:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Eh, Ketemu Haji Lulung di Volendam

Niken Widya Yunita
Redaksi Travel
(Niken/detikTravel)
(Niken/detikTravel)
Volendam -

Berkunjung ke Belanda wajib ke Desa Volendam. Di sini, turis bisa berfoto dengan baju tradisional Belanda. Artis dan pejabat juga senang ke sini.

Di sinilah pengunjung dapat berfoto ala pakaian tradisional nelayan Belanda. Harga foto variatif. Untuk yang single dengan hasil foto hanya 1 seharga 15 Euro (1 Euro= 15 ribu). Untuk grup beda lagi yakni 20-30 Euro. Harga di atas sebanding dengan hasilnya.

detikTravel bersama manajemen dan mitra Elzatta, Dauky dan sebagainya berkunjung ke sana Senin (18/4/2016). Owner Elhijab Elidawati juga hadir di sana.

Untuk masuk ke studio foto ini, kita harus jalan kaki melewati Desa Nelayan Volendam. Kendaraan tidak boleh masuk. Di kiri jalan ada laut yang dulunya dipakai nelayan untuk melaut.

Di kanan jalan kita bisa melihat rumah warga Belanda. Rumah tersebut sangat asri dan berada tepat di depan laut.


(Niken/detikTravel)

Meski berada di depan laut, udara di Desa Nelayan Volendam sangat sejuk. Jangan bandingkan di Indonesia jika udara panas. Karena itu jangan pernah lupa memakai jaket. Musim semi di Belanda suhunya 4-8 derajat. Belum lagi angin di Belanda membuat suhu sangat dingin.

Setelah berjalan sekitar 1 km lebih, barulah kita melihat studio foto ini. Di studio foto ini, pertama-tama kita harus membuka jaket, sweater, syal dan sepatu. Setelah itu staf studio foto akan memakaikan baju khas Belanda yakni baju, topi dan sepatu tradisional nelayan Belanda.


(Niken/detikTravel)

Kemudian kita dikasih kupon agar setelah difoto kita diharuskan membayar. Lalu kita akan diarahkan untuk difoto di ruangan yang sudah ada bangku, replika pemanas ruangan dan pajangan khas Belanda. Setelah diberi bunga agar kita memegangnya, kita akan diambil gambarnya. Staf studio mengarahkan kita untuk senyum atau menyebut "Jokowi" atau "Buncis" agar senyum kita mengembang.

"Jokowi," kata staf studio yang sedikit bisa berbicara bahasa Indonesia.

Jepret! Resmilah kita pernah berkunjung ke Belanda. Setelah selesai, kita melepaskan pakaian khas Belanda dan membayar biaya fotonya. Foto akan jadi beberapa menit kemudian.


Gusdur dan keluarga (Niken/detikTravel)

Sambil menunggu foto jadi, kita bisa melihat foto-foto orang terkenal di Indonesia. Studio foto ini memang kerap dikunjungi orang terkenal Indonesia. Ada foto Gus Dur, Megawati, artis lawas Debby Sahertian, Maya Rumantir, Raffi Ahmad dan istrinya yakni Nagita Slavina. Bahkan ada Abraham Lunggana, alias Haji Lulung di sini.


Ini dia foto Haji Lulung dengan kostum tradisional Belanda (Niken/detikTravel)

Selain itu kita bisa berbelanja oleh-oleh khas Belanda. Di sini harga lumayan miring dibanding oleh-oleh di taman tulip Keukenhoff.

(nwy/shf)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED