Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Jun 2016 12:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Inilah Masjid Paling Selatan di Bumi

Afif Farhan
detikTravel
Foto: Masjid paling selatan di Bumi (Southland Muslim Association)
Invercargill - Tahukah Anda, masjid bagian paling selatan Bumi ada di Selandia Baru. Inilah Southland Muslim Association, nama komunitas Muslim sekaligus masjid yang dekat dengan Kutub Selatan.

Sebelumnya, sudah diulas kisah tentang dua masjid yang berada di bagian utara Bumi dekat dengan Kutub Utara. Lantas bagaimana dengan di Kutub Selatan, apakah ada masjid di dekat sana? Ya, masjidnya ada di Selandia Baru tepatnya di Kota Invercargill.

Kota Invercargill ini berada di bagian paling selatan dari South Island dan dekat dengan Lingkar Antartika. Karena dekat dengan Kutub Selatan, suhu paling hangat di sana hanya kisaran 15 derajat Celcius saja.

Kota Invercargill yang dilihat dari ketinggian (explorenewzealand.net.nz)


Dari Kota Wellington, butuh waktu selama 2 jam terbang naik pesawat untuk menuju ke sana. Kota Invercargill dihuni sekitar 50 ribu penduduk, yang rata-rata bekerja sebagai nelayan, bertani atau berkebun.

Dari informasi berbagai sumber yang dikumpulkan detikTravel, Senin (6/6/2016) Islam masuk ke Kota Invercargill pada tahun 1980-an. Adalah para imigran dari Iran, Pakistan, Bangladesh dan Malaysia yang mengadu nasib ke sana untuk bekerja. Mereka lalu membentuk komunitas dan pelan-pelan membangun Southland Muslim Association di awal tahun 2008.

Umat Muslim di Kota Invercargill (Southland Muslim Association)


Jumlah umat Muslim di Kota Invercargill, hanya kisaran ribuan orang saja. Tapi, itu tak membuat mereka patah arang untuk saling bersilaturahmi dan beribadah. Lambat laun, mereka membutuhkan masjid sebagai tempat ibadah yang mampu menampung banyak orang.

Kemudian di akhir tahun 2008, barulah didirikan semacam masjid yang namanya mirip komunitasnya, Southland Muslim Association. Beralamat di 31 FairView Avenue, Invercargill, 9810, Southland Muslim Association diklaim sebagai masjid di bagian paling selatan Bumi!

Inilah masjid paling selatan di Bumi (Southland Muslim Association)


Umat Muslim di sana mendapat bantuan dari Federation of Islamic Associations of New Zealand (FIANZ) yang memayungi tiap komunitas Muslim di Selandia Baru. Masjidnya tampak luar terlihat seperti rumah, tanpa adanya menara atau kubah di atasnya.

Dilihat dari situs resmi Southland Muslim Association, masjid itu hanya memiliki satu lantai yang terbagi dalam beberapa ruangan. Ada ruang perpustakaan, dapur, tempat salat pria dan wanita yang dipisah dan tempat untuk belajar anak-anak kecil.

Hingga kini, kegiatan keagamaan baik untuk ibadah salat sehari-hari seperti salat Jumat, pengajian dan dakwah digelar di Southland Muslim Association. Di bulan Ramadan ini, masjidnya tentu lebih ramai jamaah untuk melangsungkan ibadah sekaligus berbuka puasa.

Bagian perpustakaan (Southland Muslim Association)


Tempat salat (Southland Muslim Association)


Berbuka puasa di masjidnya saat bulan Ramadan (Southland Muslim Association)


Di bulan Ramadan tahun ini yang jatuh pada bulan Juni, jadwal imsak di sana adalah pada 06.43 dan waktu maghrib pada pukul 17.10. Ketika di musim dingin, seperti di bulan Desember meraka dapat berpuasa lebih lama dengan waktu imsak di pukul 03.45 dan maghrib di pukul 21.42.

Saat bulan Ramadan, umat Muslim di kota-kota sekitar Invercargill juga turut datang ke Southland Muslim Association. Menariknya, masjid ini juga buka 24 jam untuk mereka yang bukan Muslim dan mau melihat kehidupan Muslim dari dekat.

Southland Muslim Association sungguh berbeda tampilannya dengan masjid-masjid pada umumnya. Namun jika Anda berkesempatan bertualang ke Selandia Baru, sempatkanlah mampir ke 'Rumah Allah' di bagian paling selatan Bumi ini.

Selamat datang di Southland Muslim Association (Southland Muslim Association)
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA