Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Jun 2016 07:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tower Bridge London, Jembatan Unik yang Sering Tertukar Nama

Tower Bridge, landmark Kota London, Inggris (Fitraya/detikTravel)
London - London di Inggris punya sebuah jembatan unik yang menjadi landmarknya. Bukan, namanya bukan London Brigde, tapi Tower Bridge. Turis memang sering tertukar nama.

London Bridge memang sebuah jembatan yang bersejarah di London, bahkan jadi lagu anak-anak TK di sana, 'London Bridge Is Falling Down'. Namun, jembatan yang sering jadi foto landmark London bukanlah London Bridge.

Jika melihat jembatan dengan dua menara yang antik, itulah yang namanya Tower Bridge. Tower Bridge adalah salah satu destinasi favorit wisatawan. detikTravel pun berkunjung ke sana Minggu (29/5/2016).

Tower Bridge dibangun tahun 1886–1894 untuk menyeberangi Sungai Thames. Jembatan ini diresmikan 30 Juni 1894, umurnya sudah 122 tahun sekarang. Ciri khasnya adalah 2 menara kembar yang ada di tengah jembatannya.

Jembatan sepanjang 244 meter ini adalah gabungan jembatan biasa dari tepi sungai sampai ke masing-masing menara. Sementara di antara kedua menara setinggi 65 meter ini ada jembatan yang bisa diangkat agar kapal besar di Sungai Thames bisa lewat.

Tower Bridge bisa dinikmati dari kejauhan. Jembatan ini tampak jelas dari London Bridge. Wisatawan yang berjalan kaki dari Stasiun London Bridge dengan menyusuri pedestrian di pinggir Sungai Thames, bisa mengagumi jembatan ini pelan-pelan.

Pejalan kaki dan kendaraan di atas Tower Bridge (Fitraya/detikTravel)
Banyak yang bisa dilihat di sepanjang tepian Sungai Thames dari London Bridge menuju Tower Bridge. Kita akan melewai Hay's Galleria, bekas pergudangan yang kini dijadikan mal dengan bangunan yang antik seperti benteng.

Kemudian kita akan melihat kapal perang HMS Belfast. Kapal perang ini sudah pensiun dan kini dijadikan museum terapung di Sungai Thames.

Dari situ kita akan melintasi kantor Walikota London Sadiq Khan, berupa bangunan kaca yang bulat. Lalu ada Taman Potter's Field yang sempat dijadikan lokasi Festival Indonesian Weekend.

Setelah itu sampailah kita ke Tower Bridge. Sepanjang jalan, banyak wisatawan yang berfoto dengan latar Tower Bridge. Namun spot paling ideal adalah di Potter's Field karena bangunannya sudah tampak jelas dan terasa besar.

Di taman ini pun jadi lokasi yang asyik untuk duduk-duduk menikmati Tower Bridge. Karena, ada momen spesial yang ditunggu wisatawan ketika bel berbunyi keras. Teet! Teeet! Teeeet!

Momen saat jembatan diangkat dan kapal melintas (Fitraya/detikTravel)
Bukan alarm, tapi inilah tanda kalah Tower Bridge akan diangkat jembatannya agar kapal besar bisa lewat. Kendaraan dan pejalan kaki di atas kapal dihentikan. Wisatawan pun merubung di tepi Sungai Thames.

Perlahan-lahan jembatan Tower Bridge pun membelah dua dan ditarik terangkat ke masing-masing menara. Sebuah kapal wisata pun lewat perlahan dan jadi perhatian wisatawan.

Setelah itu jembatan turun kembali. Kendaraan dan pejalan kaki di jembatan bisa melanjutkan perjalanan. Turis yang menonton pun membubarkan diri. Sungguh tontonan yang menarik dan tidak boleh terlewatkan. Memang mesti agak lama nongkrong di sini untuk melihat jembatan unik ini dibuka.

Cara ke sana:

Wisatawan bisa naik kereta bawah tanah jalur Circle atau District dan turun di Tower Hill. Kalau mau menikmati perjalanan agak jauh, naik jurusan Jubilee atau Northern dan turun di London Bridge. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA