Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Jun 2016 16:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ritual Para Fans The Beatles di London

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Wisatawan bergaya ala The Beatles (Fitraya/detikTravel)
Wisatawan bergaya ala The Beatles (Fitraya/detikTravel)
London - Penggemar grup band legendaris The Beatles punya destinasi sendiri di London, Inggris. Mereka datang untuk melakukan ritual khas fans The Beatles di Abbey Road.

Abbey Road sejatinya bukan daerah wisata, ini adalah kawasan pemukiman orang kaya, semacam Menteng kalau di Jakarta. Wisatawan yang datang ke sini cukup spesifik, mereka ada penggemar The Beatles.

detikTravel pun menyambangi Abbey Road saat bertualang di London akhir Mei 2016 kemarin. Abbey Road cukup panjang, tapi yang penting bagi wisatawan adalah Abbey Road Studio.

Di tempat inilah The Beatles rekaman dan melahirkan album Abbey Road tahun 1969. Pose menyeberang jalan dari John Lennon, Ringgo Star, Paul McCartney dan George Harrison yang baris paling belakang, menjadi sangat terkenal.
Wisatawan di depan Abbey Road Studio (Fitraya/detikTravel)


Nah, inilah yang saya lihat di depan Abbey Road Studio. Zebra cross di depan studio penuh dengan wisatawan fans The Beatles yang ingin meniru pose idolanya menyeberang jalan.

Menyeberang jalan dengan gaya The Beatles sudah menjadi semacam ritual untuk mereka. Zebra crossnya tidak terlalu lebar, hanya 6 meter. Masalahnya, ini adalah jalanan aktif dengan kendaraan lalu lalang.

Tiiin! Tiin! Toot! Tooot! Mobil dan bus kota menyalakan klakson karena terganggu ulah wisatawan yang sengaja menghalangi jalan demi berpose ala The Beatles. Satu grup selesai, grup lain langsung rebutan meminta giliran.

Namun bukan zebra cross ini saja yang menarik. Sempatkan diri untuk melihat Abbey Road Studio dari dekat. Wisatawan tidak boleh masuk dan hanya bisa melihat dari luar pagar.

Tembok pagarnya penuh dengan coretan tangan para fans dari seluruh dunia. Malahan ada beberapa tulisan dari wisatawan Indonesia yang cukup mencolok di sana. Saking banyaknya, sampai ada pengumuman jangan mencorat-coret tembok tetangga.

Aneka suvenir di Abbey Road Official Shop (Fitraya/detikTravel)


Jangan lewatkan juga Abbey Road Official Shop. Ini adalah toko suvenir resmi milik Abbey Road di sebelah studionya. Ada banyak merchandise resmi The Beatles dan sebagian kecil lagi adalah artis-artis lain yang pernah rekaman di Abbey Road.

Yang menarik ada replika bass merek Hofner yang pernah dipakai Paul McCartney. Bass ini ditutup dengan kotak kaca tapi boleh difoto-foto oleh pengunjung.

Suvenir berupa gelas, poster, kartu, baju dan aneka barang bertema The Beatles ada di sini. Harganya tidak murah memang, tapi untuk fans The Beatles sejati harga bukan masalah.

Cara ke sana:

Naik kereta subway rute abu-abu alias rute Jubilee, turun di Stasiun St John's Wood. Jalan kaki 400 meter atau sekitar 5 menit sepanjang Grove End Road, Anda akan langsung sampai pertigaan Abbey Road dan studionya akan langsung terlihat. (fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA