Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Jun 2016 09:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Inilah Masjid Pertama di Benua Afrika

Masjid Agung Kairouan di Tunisia (Christian Manhart/UNESCO)
Kairouan - Tunisia tidak hanya punya budaya yang eksotis, namun juga situs wisata religi yang penting. Di Kota Kairouan, ada masjid tertua di Afrika yang dibangun tahun 670.

Setiap kota di Tunisia memiliki sebuah masjid agung, namun Masjid Agung Kairouan adalah yang terpenting dari semuanya. Dilansir detikTravel dari situs UNESCO, Selasa (28/6/2016) masjid tersebut juga merupakan yang tertua di benua Afrika.

Sejarahnya, Kairouan merupakan sebuah kota suci bagi umat Islam Afrika dan sangat kuno. Awalnya Masjid Agung Kairouan dibangun oleh Jendral Uqba ibn Nafi.

Pada abad ke-18, Masjid Agung Kairouan diketahui telah mengalami renovasi hingga dua kali. Kemudian pada abad ke-9, hampir keseluruhan struktur masjid dihancurkan dan diganti dengan material yang lebih kokoh oleh Pangeran Zidayatullah I.


Inilah masjid tertua di Afrika (Christian Manhart/UNESCO)

Secara keseluruhan, Masjid Agung Kairouan dibangun di atas lahan seluas 10.800 meter persegi. Di dalamnya ada ruang ibadah dengan 17 lengkungan yang ditahan oleh tiang yang diukir, serta mihrab yang dihias indah.

Kemudian terdapat juga sebuah kolam yang diketahui sebagai Al Majal al Qadim atau mimbar tertua yang masih ada. Menariknya, sentuhan Romawi juga tampak pada menara masjid yang memiliki tiga lantai.

Jika traveling ke Tunisia dan mau mampir ke Masjid Agung Kairouan, masjid buka pada pukul 08.000-14.00 di hari Sabtu hingga Kamis serta pada pukul 08.00 hingga siang pada saat Salat Jumat.


Umat Islam yang sedang beribadah (Christian Manhart/UNESCO)



(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA