Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Jul 2016 07:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Wisata ke Pantai Tengkorak di Namibia Seharga Rp 91 Juta

Afif Farhan
detikTravel
Selamat datang di Gerbang Neraka Afrika (CNN Travel)
Windhoek - Jika punya uang banyak, cobalah wisata ke Skeleton Coast yang dijuluki Gerbang Neraka di Namibia, Afrika. Padang pasir tandus, penuh tengkorak dan sulit terjamah.

Seperti detikTravel lihat dari situs CNN Travel, Jumat (15/7/2016) Skeleton Coast disebut wilayah paling berbahaya di Afrika dan sulit dijamah manusia. Lokasinya berada di pesisir Namibia di sebelah barat lautnya. Berbatasan langsung dengan Samudera Atlantik.

Skeleton Coast merupakan garis pantai sepanjang 500 km dengan padang pasir, rawa dan sungai yang seolah membentengeinya. Hal inilah yang membuat perjalanan ke sana sangat sulit ditempuh. Harus berminggu-minggu jika naik mobil, belum melewati rawa-rawa yang dihuni banyak buaya!


Inilah Skeleton Coast yang merupakan padang pasir berbatasan langsung dengan laut (Skeleton Coast Safaris)


Lanskap alam di sekitar Skeleton Coast yang sulit didatangi leat jalur darat (Skeleton Coast Safaris)

Suku Bushmen yang merupakan penduduk asli Namibia, pada abad ke-15 yang menetap di sekitar Skeleton Coast memilih angkat kaki. Selain akses yang sulit kemana-mana, wilayahnya sangat tandus dan kering. Susah mendapat air dan curah hujan sangat jarang. Suku Bushmen lantas menyebut tempatnya dengan nama, tanah yang diciptakan ketika Tuhan sedang marah.

Julukan berbeda diberikan oleh para pelaut Portugis yang mampir ke sana mulai abad ke-17. Mereka datang dengan kapal laut, untuk berburu paus dan anjing laut di lautan dekat pesisir pantainya. Apa daya, kedatangan mereka ke sana menjadi bencana.

Pantai-pantai di sana memiliki bebatuan karang yang besar dan cadas. Angin laut sulit diprediksi dan arus ombak sangat kencang. Maka tak heran, banyak kapal-kapal yang terdampar di pesisir pantainya.


Kapal Dunedin Star yang karam dan jadi monumen peringatan di sana (CNN Travel)

Nama skeleton yang berarti tengkorak, diberikan oleh John Henry Marsh yang menulis buku tentang kapal karam asal Inggris, Dunedin Star yang karam di sana. Bangkai kapalnya masih berada di pinggiran pantai dan menjadi semacam monumen peringatan.

John Henry Marsh menyebut wilayah pesisir itu dengan nama Skeleton Coast. Sebab usut punya usut, dari catatan para pelaut yang sudah ke sana mengaku banyak menemukan tengkorak hewan di sepanjang pantai yang mati entah diburu hewan lain atau kelaparan. Juga di beberapa titik, ditemukan tengkorak-tengkorak manusia yang diyakini Suku Bushmen atau para pelaut sebelumnya yang datang ke sana dan meninggal.


Banyak tengkorak binatang dan manusia di pinggiran pantainya (CNN Travel)

Susah didatangi dengan kapal dan sulit juga dengan jalur darat, turut menjadikan Skeleton Coast masuk dalam daftar tempat paling terisolasi di dunia. Jika dihitung, berarti sejak abad ke-15 sampai sekarang, tidak ada lagi satu orang pun yang tinggal di sana!

Rasa penasaran dan wilayahnya yang belum terjamah, membuat operator tur Skeleton Coast Safaris menawarkan paket wisata ke Skeleton Coast. Biayanya dipatok seharga USD 7.260 atau setara Rp 94,8 juta selama 4 hari 3 malam.

Perjalanan ke sana akan ditempuh naik pesawat dan mendarat langsung di padang pasirnya. Siap-siap untuk trekking menjelajahi pinggiran pantai dan padang pasirnya. Skeleton Coast Safaris pun memiliki basecamp di sana dan mobil Jeep untuk mengarungi Skeleton Coast lebih jauh.

Selamat datang di Gerbang Neraka Afrika!


Naik pesawat perintis menuju Skeleton Coast (Skeleton Coast Safaris)


Bersantai di Gerbang Neraka Afrika! (Skeleton Coast Safaris)

(aff/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA