Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Agu 2016 12:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Chandni Chowk, Ini Dia Pasar Kuliner Paling Juara di India

Kuliner India yang terkenal sedap ada di Chandni Chowk (Thinkstock)
New Delhi - Liburan ke India, traveler wajib mampir ke pasar kuliner Chandni Chowk, di Old Delhi. Ada ribuan jenis kuliner sedap khas India. Dijamin maknyus!

India memang terkenal sebagai negara dengan warisan kuliner yang sangat kaya. Kuliner India sudah terkenal seantero jagad. Sekarang, siapa yang tidak kenal dengan kari? Rata-rata hampir semua traveler mengenal masakan khas India ini.

Nah, bila liburan ke India, traveler bisa sambil berburu kuliner yang enak-enak di sana. Langkahkan saja kaki menuju ke Pasar Chandni Chowk di Old Delhi dan silakan mengeksplorasi aneka jenis kuliner India yang menggoda.

Dari informasi yang dihimpun detikTravel, Kamis (25/8/2016), Pasar Chandni Chowk merupakan pasar tertua sekaligus yang tersibuk di Delhi. Kawasan ini dibangun pada abad ke-17 oleh Raja India beragama Islam, yaitu Shah Jahan. Pada zaman Dinasti Mughal, Chandni Chowk ditetapkan sebagai area komersial.

Meski usianya sudah cukup tua, namun Pasar Chandni Chowk tetap saja menarik untuk dikunjungi wisatawan. Bahkan bisa dibilang, pasar ini selalu punya hal yang baru untuk dilihat dan dirasakan oleh wisatawan.

Tak kurang ada 1.000 lebih jenis kuliner yang dijajakan di Pasar Chandni Chowk. Para pedagang dengan tangan terampilnya, siap menyajikan menu-menu macam Jalebi, Halwa, Rasmalai, Falooda, dan masih banyak jenis kuliner lainnya untuk memuaskan perut traveler.

Makanan paling terkenal di pasar ini adalah Chaat. Ini adalah potongan kentang yang dicampur roti digoreng kering, dibumbui aneka rempah, disiram yogurt dan saus pedas ala India. Traveler bisa mencicipi makanan ini di restoran Chaat Bhandar dan Papdi Chaat.

Inilah penampakan Chaat (Thinkstock)
Traveler bisa memulai petualangan rasa dari Toko Ghantewala yang sudah ada sejak tahun 1790. Toko ini menjual aneka camilan dan makanan pembuka seperti Samosa (pastel isi daging) dan berbagai jenis Halwa (makanan pembuka bercitarasa manis yang terbuat dari tepung, lelehan mentega, gula, saffron, kismis, serta campuran kacang almond & pistachio). Boleh percaya boleh tidak, menu ini resepnya masih sama seperti yang mereka jual di tahun 1790.

Untuk makanan beratnya Chicken Tandoori dan Chicken Curry, tetapi selain 2 itu masih ada banyak makanan lainnya yang patut untuk dicoba. Dari mulai Parantha, Mutton Korma, Shammi Kabab, Dal Makhni, Murgh Musallam, Pao Bhaji, Aloo Tikki, Fruit Chaat, Rabdi Falooda, dan masih banyak lagi.

Sebagai makanan penutup, datangi Kedai Jalebi Wala yang tersohor dengan menu Jalebi-nya, berupa adonan tepung dan mentega yang digoreng, lalu dicelup ke sirup gula. Setelah itu, kunjungi juga Bikaner Sweet Shop yang menjual Rasmalai (sup krim bercitarasa manis), atau menuju toko Gianji yang menjual minuman bernama Falooda. Segar dingin campuran susu, sirup mawar, butiran tepung tapioka (bubble) akan menyegarkan kembali tubuh Anda!

Ayo silakan dicoba! (Thinkstock)
Ada pula kedai yang menjajakan es krim. Penasaran ingin mencoba es krim khas India? Melangkahlah ke toko Giani di Hatti, dekat Masjid Fatehpuri. Ada beragam es krim dengan rasa yang khas macam rasa Delima, Mangga, Mawar, hingga rasa-rasa otentik seperti Kesar, Pista, dan Kewra. Toko ini juga menjual milkshake, fruit shake, juga sundae. Slurrp!

Selain makanan, pasar ini juga menjual aneka macam bumbu dapur, rempah-rempah India dengan aromanya yang khas. Aroma rempah inilah yang kerap membuat wisatawan datang karena penasaran. Dari mulai bubuk kunyit hingga saffron pun ada.

Tak hanya itu, ada pula pedagang yang menjual kacang-kacangan dari almond sampai pistachio. Tak lupa buah-buahan kering seperti kismis, serta manisan yang memang jadi santapan wajib masyarakat India. Ada pula deretan toko yang menjual buku, pakaian, sepatu, dan beragam aksesori berbahan kulit.

Pedagang kacang-kacangan di Chandni Chowk (Thinkstock)
Berkunjung ke Pasar Chandni Chowk waktu liburan ke India benar-benar akan menghidupkan kembali indera perasa, penciuman maupun penglihatan traveler. Pasar ini penuh warna, aroma dan tentu juga rasa yang patut untuk dicoba sekali seumur hidup.

Tak heran bila wisawatan mancanegara kerap menyambangi pasar ini untuk sekadar melihat-lihat, mengambil foto, hingga berburu kuliner di sini. Sekadar tips untuk traveler, siapkan perut Anda karena makanan di sini penuh dengan rasa rempah-rempah dan rasa 'asing' yang belum pernah Anda coba sebelumnya.

Kebanyakan wisatawan yang datang ke Pasar Chandni Chowk pasti butuh waktu seharian untuk mencoba satu per satu jajanan yang ada di sana. Itupun waktunya belum cukup. tidak semua bisa dikelilingi dan diicipi. Dari pagi, siang, malam, ribuan jenis kuliner bisa dinikmati di Chandni Chowk!

Berburu kuliner sampai puas di Chandni Chowk! (Thinkstock)
(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA