Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Agu 2016 17:13 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tak Bakalan Bosan Naik Kereta di India, Ini Sebabnya

Jalur kereta di India punya pemandangan terindah di dunia (Youtube)

FOKUS BERITA

India yang Menakjubkan
Jaipur - Traveler yang liburan ke India pasti tidak akan bosan bila naik kereta api di sana. Itu karena jalur kereta di India punya pemandangan terindah di dunia.

Selain karena sensasi petualangannya, naik kereta di India juga akan menawarkan pemandangan yang indah bukan main. Tak kurang ada 5 jalur kereta yang sudah diakui memiliki pemandangan yang memesona.

Dihimpun detikTravel, Kamis (25/8/2016), inilah 5 jalur kereta itu:

1. Assam Railway Route

(assam.gov.in)


Jalur kereta pertama yang bisa traveler coba untuk mendapat pemandangan India yang aduhai adalah Assam Railway Route. Inilah rute kereta yang melewati Assam, wilayah di bagian utara India yang terkenal sebagai daerah penghasil teh hitam kualitas wahid.

Assam Railway Route akan mengantar traveler melintasi perkebunan teh nan luas, serta aneka lanskap lainnya yang memesona mata. Dijamin tidak akan bosan naik kereta yang melalui jalur Assam.

Rute ini membentang sepanjang Guwahati lalu ke Lumdig, kemudian berakhir di Silchar. Ini adalah salah satu rute kereta paling bahaya di India, karena melintasi lanskap perbukitan dan tak jarang pinggiran tebing terjal. Namun itu sepadan dengan pemandangannya yang indah!

2. Kashmir Valley Railway

(Reuters)


Setelah Assam, jalur kereta berikutnya yang tak kalah indahnya adalah jalur kereta yang melintasi Pegunungan Kashmir. Pegunungan Kashmir memang dikenal punya pemandangan yang istimewa, naik kereta yang melintasi jalur ini pasti akan mendapat suguhan yang sedap dipandang mata.

Jalur kereta yang melewati dataran tinggi Kashmir merupakan rute perjalanan kereta yang paling ikonik. Bagaimana tidak, jalur kereta ini melintasi 20 terowongan dan seratusan jembatan yang menghadap langsung ke Pegunungan Himalaya.

Dengan rute mulai dari Kota Jammu, lalu Udhampur, kemudian ke Srinagar dan berakhir di Baramulla, traveler akan melihat lanskap pegunungan India yang super indah. Ini sekaligus jadi rute paling menantang, karena melintasi beberapa titik gempa dan ketinggian dengan kadar oksigen yang tipis.

3. Jewel of Thar Desert

(Youtube)


Satu lagi jalur kereta yang pantang utuk traveler lewatkan adalah jalur Jewel of The Thar Desert. Naik kereta melewati jalur ini, traveler akan dibawa untuk melihat sisi lain dari India yang penuh dengan bangunan-bangunan istana bersejarah.

Ada setidaknya tiga kota di India yang terkenal oleh istana-istana megahnya, yaitu Kota Jaipur, Jodhpur, dan Jaisalmer. Ketiga kota ini terhubung oleh rute kereta Jewel of Thar Desert. Traveler pasti akan terkagum-kagum begitu melihat pemandangan ketiga kota tersebut dari balik kaca jendela kereta.

Rute kereta ini akan membawa Anda melintasi Gunung Thar yang kering dan penuh kehidupan satwa liar. Gurun Thar juga menjadi tempat tinggal suku pedalaman India. Pemandangan bernuansa coklat gurun akan tersaji sejauh mata memandang. Bener-benar sensasi yang berbeda!

4. Darjeeling Himalayan Railway

(BBC)


Di posisi selanjutnya, ada jalur kereta Darjeeling Himalayan Railway yang rasanya wajib traveler coba bila liburan ke India. Ya, dilihat dari namanya saja sudah ketahuan traveler akan dibawa menuju ke mana. Apalagi kalau bukan Dataran Tinggi Darjeeling di Himalaya.

Kalau sudah begitu, tidak usah ditanyakan lagi pemandangan apa yang akkan tersaji begitu traveler naik kereta ini. Tentu saja sajian utamanya yaitu pemandangan gunung-gunung tinggi yang berdiri gagah di India.

Darjeeling Hiamalayan Railway merupakan salah satu rute kereta paling bersejarah di India. Rute ini membentang dari New Jalpaguri hingga menuju ke dataran tinggi Darjeeling, lewat Kota Ghum. Ghum adalah lokasi stasiun kereta tertinggi di India, ketinggiannya mencapai 2.257 mdpl. Pantas bila rute ini juga menyandang Situs Warisan Dunia UNESCO karena sejarah dan keindahan rutenya.

5. Blue Sea Ride

(Youtube)


Terakhir, untuk pengalaman naik kereta yang beda di India naiklah jalur kereta Blue Sea Ride. Jika di jalur-jalur kereta sebelumnya traveler dibawa menikmati keindahan pegunungan-pegunungan di India, maka kali ini traveler akan dibawa menikmati suasana pesisir India.

Blue Sea Ride akan mengantar traveler melintasi kawasan pesisir berlaut biru di India, dengan rute mulai dari Mandapam, Pramban hingga ke Rameswaram. Traveler akan dibawa merasakan sensasi melewati jembatan tengah laut terpanjang kedua di India.

Jembatan tersebut terletak di Palk Strait. Jembatan ini menghubungkan antara Kota Rameswaram di Pulau Pamban dengan daratan utama India. Pemandangannya tidak usah ditanyakan lagi, pasti menakjubkan! (wsw/fay)

FOKUS BERITA

India yang Menakjubkan
BERITA TERKAIT
BACA JUGA