Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Okt 2016 07:27 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Serius! Ini Tempat Wisata yang Bikin Kamu Kaya Raya

Afif Farhan
detikTravel
Foto: Berlian-berlian di Crater of Diamonds State Park (CNN)
Foto: Berlian-berlian di Crater of Diamonds State Park (CNN)
Little Rock - Taman Nasional Arkansas di AS bukanlah taman nasional biasa. Datang ke sini, kamu bisa bawa pulang berlian yang harganya ratusan juta rupiah. Serius!

Taman Nasional Arkansas berada di Negara Bagian Arkansas. Berjarak 1 jam naik mobil dari Little Rock, ibukota negara bagiannya atau 3 jam dari Kota Dallas yang ada di Texas. Buka sejak tahun 1923, taman nasional ini punya luas hingga 4 ribu hektar.

Di Taman Nasional Arkansas terbagi dalam 52 bagian yang tiap-tiapnya memiliki tema tersendiri. Yang paling banyak mencuri perhatian, adalah Crater of Diamonds State Park yang luasnya sekitar 369 hektar.

Dilihat detikTravel dari situs resmi Crater of Diamonds State Park, Selasa (18/10/2016) tempat ini awalnya merupakan lahan milik perusahaan Arkansas Diamond Company and Ozark Diamond Mines Corporation. Perusahaan yang bergerak di bidang penambangan berlian.

Crater of Diamonds State Park (Brooks Family/Google Maps)Foto: undefined
Crater of Diamonds State Park (Brooks Family/Google Maps)


Wilayah Crater of Diamonds State Park sendiri merupakan wilayah yang kaya dengan berlian. Sejak tahun 1900-an, perusahaan Arkansas Diamond Company and Ozark Diamond Mines Corporation sudah menambang berlian di sana.

Seiring berjalannya waktu, kabarnya pemerintah AS mengambil alih tambang tersebut. Hasil tambangnya diproduksi untuk kebutuhan biaya negara. Namun sayang, untuk menggali berlian juga dibutuhkan biaya besar dan kala itu AS sendiri sedang dalam masa Perang Dunia.

Beginilah lanskap Crater of Diamonds State Park (Gary McNeely/Google Maps)Foto: undefined
Beginilah lanskap Crater of Diamonds State Park (Gary McNeely/Google Maps)


Jadilah wilayah tambangnya tidak terurus lagi. Di tahun 1950-an, adalah Howard A Millar orang yang terakhir yang memegang sertifikat tanah tambang di sana. Bersama istrinya, dia pun membuka wilayah tambangnya untuk wisata alias dibuka untuk umum.

Tahun 1972, akhirnya Taman Nasional Arkansas mengambil wilayah tambangnya untuk masuk dalam bagian taman nasionalnya. Jadilah dinamai Crater of Diamonds State Park sampai sekarang, yang berada di bawah pengawasan pemerintah setempat.

Lanskap Crater of Diamonds State Park berupa tanah yang tandus nan luas. Masyarakat setempat atau turis yang datang ke sana, boleh datang dan asyiknya boleh berburu berlian!

Turis yang Mendapat Berlian di Crater of Diamonds

Situs CNN Travel sudah memberitakan tentang Crater of Diamonds State Park. Beritanya, soal wisatawan yang setempat yang datang ke sana dan pulang membawa berlian. Berlian yang dibawa pulang pun kalau dirupiahkan mencapai ratusan juta.

Michael Detlaff yang dapat berlian 5,16 karat (CNN)Foto: undefined
Michael Detlaff yang dapat berlian 5,16 karat (CNN)


Tahun 2013, seorang bocah berusia 12 tahun asal North Carolina, Michael Detlaff berhasil membawa pulang berlian 5,16 karat. Jika berlian milik bocah tersebut dipotong dan dipoles, maka dapat mencapai harga antara USD 12-15 ribu atau setara Rp 156 sampai Rp 195 juta!

Di tahun yang sama, Tana Clymer juga membawa pulang berlian dari Crater of Diamonds State Park. Ia menemukan berlian seukuran mata ikan dengan kandungan 4,21 karat yang harganya tak jauh beda dari Michael Detlaff.

Tahun 2015, wisatawan setempat Bobbie Oskarson dari Orlando menemukan berlian 8,52 karat. Ditaksir harganya mencapai sampai Rp 500 juta!

Dan Frederick bersama anakknya yang dapat berlian di sana (CNN)Foto: undefined
Dan Frederick bersama anakknya yang dapat berlian di sana (CNN)


Turis yang datang ke Crater of Diamonds State Park dan mencari berlian (CNN)Foto: undefined
Turis yang datang ke Crater of Diamonds State Park dan mencari berlian (CNN)


Paling baru adalah Dan Frederick dan anaknya yang bernana Lauren di awal bulan Oktober 2016 ini. Tanpa menggali tanah, dia melihat berlian yang berkilauan 2,03 karat.

Untuk mendapat berlian, pengunjung Crater of Diamonds State Park dapat membawa sekop kecil. Jika beruntung langsung lihat berlian yang berkilauan atau harus dulu menggali tanah dengan pelan-pelan. Berlian yang ditemukan dengan warna biru, kuning, hitam dan bening pun gratis dibawa pulang!

Pengunjung hanya diwajibkan membayar tiket masuk sebesar USD 16 (Rp 208 ribu) saja. Sejak pertama kali dibuka, sudah 400 lebih orang yang dapat berlian di sana. Para peneliti pun menilai, kandungan berlian di dalam tanah Crater of Diamonds State Park masih sangat banyak. Walau berlian yang sudah ditemukan turis-turis di sana besarnya tak sampai sebesar uang koin (karena hanya tinggal sisa-sisa bongkahan berlian).

Datang ke sini, pulangnya kamu bisa kaya raya bukan?

Berlian di Crater of Diamonds State Park (CNN)Foto: undefined
Berlian di Crater of Diamonds State Park (CNN)
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA