Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Okt 2016 12:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Viana, Gurun Pasir di Tengah Samudera

Afif Farhan
detikTravel
Foto: Viana, gurun pasir di tengah samudera (Thinkstock)
Rabil - Bukan di Timur Tengah atau di Mesir. Viana, adalah gurun pasir yang berada di lepas daratan Afrika dan dikepung Samudera Atlantik. Menakjubkan!

Mendengar gurun pasir, pikiran kita biasanya terlintas ke negara-negara Timur Tengah atau ke Mesir. Nyatanya, beberapa negara lain di dunia seperti Jepang juga punya bentang alam ini. Yang belum banyak orang tahu mungkin juga Anda sendiri, adalah gurun pasir Viana.

Viana adalah nama gurun pasir di negara Cape Verde. Negara berupa kepulauan kecil di lepas daratan sebelah barat Afrika. Dari Dakar, ibukota negara Senegal butuh waktu 1 jam untuk terbang ke sana.

Viana berada di salah satu pulanya, Boa Vista. Seperti detikTravel rangkum dari situs resmi pariwisata Boa Vista, Selasa (18/10/2016) lokasinya berada di dekat Kota Rabil yang membentang sepanjang 5 km dan lebar 1 km.

Gurun Pasir Viana yang cantik (Thinkstock)Foto: undefined
Gurun Pasir Viana yang cantik (Thinkstock)


Warna pasirnya kecokelatan dengan tekstur yang sangat halus. Bukit-bukit pasir pun membuat panoramanya makin dramatis. Ini seperti, sedang berada di tempat antah berantah!

Tapi tunggu, bagaimana asal muasalnya gurun pasir ini? Para peneeliti menilai, gurun pasir tersebut terbentuk sejak ribuan tahun silam. Pasirnya berasal dari saratan Afrika yang tertiup angin dan mengendap dengan baik di tanah vulkanik.

Ditambah dengan cuaca yang kering dan jarang vegetasi, Gurun Pasir Viana sangat terjaga dengan baik. Maka dari itulah, pemerintah Cape Verde menjaga gurun pasirnya dengan sangat ketat.

Lanskap gurun pasir seperti di tempat antah berantah (Thinkstock)Foto: undefined
Lanskap gurun pasir seperti di tempat antah berantah (Thinkstock)


Pemerintah Cape Verde melarang kendaraan bermotor untuk melintasi gurun pasirnya. Selain itu, dibangun pula tembok batu yang seolah menjadi pagar gurun pasirnya, agar tidak bergerak menuju laut.

Hanya ada dua opertaor tur yang menawarkan perjalanan ke sana yakni Boa Vista Tours dan Quad Zone. Turis dipersilakan untuk trekking dan menjelajahi bukit-bukit pasirnya, serta dilarang keras untuk membuang sampah sembarangan.

Gurun Pasir Viana begitu menakjubkan. Hamparan pasirnya sedap dipandang dan menggoda adrenalin untuk menjelajahinya. Selamat datang di gurun pasir di tengah Samudera!

Tertarik datang ke sini? (Thinkstock)Foto: undefined
Tertarik datang ke sini? (Thinkstock)
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA