Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Des 2016 07:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Naik Monorail di Dubai, Membelah Pulau Buatan

Afif Farhan
detikTravel
Foto: Monorail di Palm Jumeirah, Dubai (Afif/detikTravel)
Dubai - Sungguh, banyak destinasi wisata dan atraksi yang dapat traveler rasakan di Dubai, UEA. Yang satu ini, naik monorail membelah pulau buatan Palm Jumeirah.

Atas undangan Emirates, detikTravel melancong ke Dubai dalam acara 'Indonesia Media Fam Trip' bersama rombongan media dari Jakarta akhir November 2016. Ditemani Gabriel Dami, pemandu wisata dari Arabian Adventures kami diajak mengelilingi berbagai destinasi di Dubai. Salah satunya yang terkenal adalah Palm Jumeirah.

Palm Jumeirah merupakan pulau buatan yang paling terkenal di dunia. Pulau ini memiliki luas 5 km x 5 km, yang diresmikan pada tahun 2007 silam. Di sanalah terdapat deretan hotel dan resor seperti Anantara, Kempinsiki, Sofitel dan lain-lain yang kabarnya punya para miliuner, selebriti dan atlet olahraga ternama.

"Ya kabarnya seperti itu, tapi kita tidak tahu pastinya. Paparazi juga tidak bisa sampai ke sana karena privasinya ketat," terang Gabriel.

Gabriel yang menjelaskan tentang Palm Jumeirah (Afif/detikTravel)Gabriel yang menjelaskan tentang Palm Jumeirah (Afif/detikTravel)
Gabriel tidak mengajak kami untuk mendatangi salah satu hotel atau resor di sana. Namun, pria asal Rumania ini mengajak kami menjajal monorail di Palm Jumeriah. Yang mana, merupakan salah satu atraksi wisata di sana.

"Monorail ini merupakan salah satu atraksi wisata di Palm Jumeirah. Di sini kita bisa beli tiket satu kali pergi atau PP, dari Atlantis Aquaventure Station sampai Gateway Station. Kita sekarang di Atlantis Aquaventure Station, ujungnya Palm Jumeirah," terang Gabriel.

Perjalanan naik monorail di Palm Jumeirah (Afif/detikTravel)Perjalanan naik monorail di Palm Jumeirah (Afif/detikTravel)
Saat ini hari kerja, sehingga monorail ini tidak terlalu penuh. Menurut informasi dari Gabriel, Monorail Palm Jumeirah ini sudah beroperasi sejak 2009. Monorialnya pun membelah Palm Jumeirah tepat di bagian tengahnya.

"Kita berangkat dari sini (sambil menunjuk peta Palm Jumeirah di bagian puncak) sampai ke sini (bagian bawahnya). Ya, kita membelah Palm Jumeirah naik monorail," katanya.

Panorama pantai di Palm Jumeirah (Afif/detikTravel)Panorama pantai di Palm Jumeirah (Afif/detikTravel)


Banyak hotel yang bangunannya artistik (Afif/detikTravel)Banyak hotel yang bangunannya artistik (Afif/detikTravel)
Sepanjang perjalanan naik monorail, kami disuguhkan dengan panorama gedung bertingkat dan lautan biru. Pantai berpasir putih juga terlihat sepanjang perjalanan. Beberapa turis, termasuk kami awak media tak henti mengabadikan gambar.

Harga tiket sekali jalan dibanderol sebesar 15 AED atau sekitar Rp 54 ribu. Untuk tiket PP, harganya 25 AED atau sekitar Rp 91 ribu. Sudah begitu, monorailnya juga nyaman dan bersih. Harga yang tak mahal-mahal banget, cukup untuk merasakan pengalaman memberlah pulau buatan Dubai.

"Ini wisata yang tidak mahal bukan? Yang penting, turis bisa melihat Palm Jumeirah dari dekat," kata Gabriel.

Andai Jakarta punya seperti ini... (aff/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA