Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Feb 2017 16:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Raudhah, Taman Surga di Tanah Suci

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Masjid Nabawi tempat Raudhah berada (Thinkstock)
Foto: Masjid Nabawi tempat Raudhah berada (Thinkstock)
Madinah - Dewi Sandra yang tengah beribadah umroh tak bisa ikut ke Raudhah karena masih memakai kursi roda. Raudhah memang istimewa dan banyak jamaah yang ingin ke sana.

Penyanyi Dewi Sandra tiba di Madinah Kamis (2/2) untuk menjalankan ibadah umroh. Namun sayang, ia memutuskan untuk tidak ikut masuk ke Raudhah lantaran masih menggunakan kursi roda akibat kakinya yang retak dan tak ingin merepotkan orang lain.

Nah, Raudhah ini lokasinya dalam Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Dalam salah satu hadis disebutkan bahwa Raudhah sebagai taman dari taman-taman Surga. Itu merupakan area di antara rumah Nabi Muhammad SAW yang kini menjadi makamnya sampai dengan mimbar yang dulu dipakai Nabi. detikTravel datang ke sana beberapa waktu lalu.

Raudhah bentuknya memang bukan benar-benar taman yang hijau dan rindang, namun lantai seluas 144 meter persegi yang karpetnya berwarna hijau. Dari salah satu hadist diketahui bahwa Raudhah yang berarti taman ini merupakan tempat yang makbul untuk berdoa.

Menunggu antrean ke Raudhah di Masjid Nabawi (Nurvita/detikTravel)Menunggu antrean ke Raudhah di Masjid Nabawi (Nurvita/detikTravel)
Jika beribadah di Raudhah pun diyakini pahalanya adalah 1.000 kali lipat. Silakan salat, berdzikir, atau membaca Al Quran di dalam Raudhah.

Setiap harinya Raudhah dikunjungi umat Muslim dari berbagai belahan dunia. Tak mengherankan kalau harus rela antre lama untuk dapat giliran masuk ke dalamnya. Selama di dalam Raudhah jemaah banyak yang lantas melakukan salat mutlak, hajat, dan taubat.

Bagaimanapun untuk sampai ke Raudhah butuh perjuangan. Tak sedikit yang menangis haru saat tiba di sana. Bagi wanita, Raudhah tidak dibuka setiap saat. Biasanya ziarah Raudhah dibagi menjadi tiga waktu dalam sehari yakni selepas subuh, setelah dzuhur, dan usai isya.

Sedangkan untuk pria, Raudhah bisa dikunjungi dikunjungi kapan saja selama 24 jam. Waktu terbaik datang ke Raudhah adalah saat menjelang Shubuh karena saat itu suasana tidak seramai waktu lainnya.

Makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi (Sella Ajani/d'Traveler)Makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi (Sella Ajani/d'Traveler)
(krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Melihat Liburannya 'Superman'

Selasa, 21 Nov 2017 23:44 WIB

Henry Cavill, pemeran Superman ternyata suka traveling. Di sela kesibukannya main film, dia menyempatkan berkunjung ke beberapa negara. Begini gayanya.