Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Feb 2017 15:51 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Taman Sala Keoku di Thailand, Tempat Berfoto dengan Patung-patung Jumbo

Bagian tengah Taman Sala Keoku, Nong Khai (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)
Nong Khai - Liburan ke bagian utara Thailand, khususnya di Provinsi Nong Khai wajib ke sini. Inilah taman Sala Keoku dengan patung-patung yang berukuran jumbo!

Nuansa campuran agama Hindu-Buddha amat kental di taman ini. Hal itu tergambarkan pada patung dan gaya bangunannya, seperti yang detikTravel lihat, pada beberapa waktu lalu.

Memasuki komplek ini, Anda akan melihat patung jumbo namun pembangunannya belum tuntas. Patung itu terlihat sebagai refleksi dari Buddha.
(Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)Patung Buddha di dikelilingi ular (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)

Sala Keoku mulai dibangun pada tahun1978 silam. Taman dengan bangunan campuran agama Hindu dan Budha ini merefleksikan betapa harmonisnya kedua agama ini berpadu dalam satu komplek.

Menurut pemandu tur dari Thailand, Mr Tom, taman ini dibangun oleh para biksu dan sumbangan perorangan. Karena alasan tertentu, sejumlah patung di komplek ini belum sepenuhnya selesai dibangun.

Letaknya sendiri berada di dekat Sungai Mekong dan perbatasan perbatasan dari Thailand-Laos. Dihimpun dari sumber lainnya, disebutkan bahwa taman ini telah dibangun oleh Luang Pu Bunleua Sulilat dan para pengikutnya.
Taman ini campuran antara agama Hindu dan Buddha (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)Taman ini campuran antara agama Hindu dan Buddha (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)

Patung-patung yang berada di Sala Keoku mempunyai ketinggian dari 2 hingga 25 meter. Beberapa yang mudah dikenali adalah wajah Budha di beberapa patung yang berdiri sendiri maupun dikelilingi oleh ular.

Di komplek taman ini terdapat pula sebuah kuil namun telah beralih fungsi menjadi vihara. Terlihat jelas bangunan ini mirip dengan kuil-kuil pemujaan bagi dewa-dewa dalam agama Hindu dengan hiasan lonceng di depan kuil.

Para turis yang datang ke wilayah perbatasan ini tak akan melewatkan lokasi ini. Tiket masuknya sendiri hanya seharga 20 Baht atau Rp 8.000 bagi dewasa untuk turis lokal maupun mancanegara dan anak-anak sebesar 10 Baht atau Rp 4.000.

Taman ini belum selesai pembangunannya (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)Taman ini belum selesai pembangunannya (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)
Taman Sala Keoku di Thailand, Tempat Berfoto dengan Patung-patung JumboSumlah patung merupakan sumbangan kolektif (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)
(Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)Gedung yang bercorak Hindu yang beralih fungsi menjadi Vihara (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)


(msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA