Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Feb 2017 17:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pasar Seni Ala Australia, Seperti Ini Penampakannya

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Foto: Wahyu Setyo Widodo
Foto: Wahyu Setyo Widodo
Sydney - Di Sydney, Australia, kamu bisa berwisata belanja ke pasar seni yang menjual aneka kerajinan tangan lokal. Pasarnya bersih, rapi, dan punya barang berkualitas

Di balik megahnya gedung-gedung pencakar langit Sydney, rupanya masih bisa ditemui ruang-ruang publik yang dimanfaatkan sebagai pasar seni, tempat para warga lokal bisa menjual aneka kreasinya. Pasar ini pun ditata dengan rapi, dan pastinya nyaman untuk wisatawan berjalan-jalan.

Pasar ini bernama Paddington Market. Sesuai dengan namanya, letaknya berada di kawasan Paddington, Sydney, tepatnya di 395 Oxford Street. Pasar ini buka setiap hari Sabtu, dari pukul 10.00 pagi hingga 16.00 waktu setempat.

Atas undangan maskapai Garuda Indonesia dan Tourism Australia (Destination New South Wales), detikTravel berkesempatan menjelajahi Paddington Market, sekitar 2 pekan lalu. Saat detikTravel sampai ke Paddington, pasar ini sudah ramai oleh para pengunjung. Suasananya mirip-mirip dengan pasar tradisional di Indonesia saat sedang ramai.

Suasana ramai pasar Paddington Market (Wahyu/detikTravel)Suasana ramai pasar Paddington Market (Wahyu/detikTravel)
Cuma bedanya, Paddington Market ini tertata lebih rapi, dan bersih dari sampah. Budaya membuang sampah pada tempatnya memang sudah jadi kebiasaan sehari-hari warga Sydney. Jadinya, pasar ini terlihat bersih, dan nyaman untuk berwisata belanja.

Di Paddington Market ini, traveler bisa menemui kurang lebih 150 buah kios pedagang yang menjajakan beraneka macam barang-barang kreasinya sendiri. Dari mulai topi, perhiasan, pakaian, aksesoris, hingga karya seni macam lukisan, pun dijual di pasar ini.

Para pedagang membuat sendiri barang-barang yang dijualnya. Beberapa penjual, seperti produk pakaian biasa menyerahkan urusan produksi kepada produsen besar untuk membuatnya secara massal. Tetapi desainnya tetap berasal dari mereka.

Paddington Market menjual aneka karya seni seniman lokal (Wahyu/detikTravel)Paddington Market menjual aneka karya seni seniman lokal (Wahyu/detikTravel)
Sedari awal berdiri dari sejak 1973, Paddington Market memang menjadi wadah bagi komunitas warga lokal untuk berjualan barang-barang seni hasil kreasi mereka. Paddington pun menjadi wadah bagi warga untuk saling berinteraksi dan menghargai hasil karya seniman-seniman lokal.

Traveler pun bisa berjalan-jalan dan melihat-lihat seperti apa isi Paddington Market. Ada penjual topi anyaman, dompet dan sabuk dari kulit, sampai lukisan. Beberapa pedagang juga ada yang menempati bagian dalam George Smith Memorial Hall, selebihnya ada di outdoor.

Buat kamu yang lapar, jangan takut karena ada juga penjaja makanan berupa roti-roti dan kue yang berjualan di pasar ini. Ada pula kedai kopi Le Piccolo, dimana traveler bisa menyicipi kopi Australia yang dikenal sedap.

Kedai roti The Grumpy Baker di Paddington Market (Wahyu/detikTravel)Kedai roti The Grumpy Baker di Paddington Market (Wahyu/detikTravel)
Melangkah ke sisi sebelah kiri pasar, ada penjual tas yang memanfaatkan bahan-bahan daur ulang, serta penjual batu akik! Rupanya batu opal masih ngetren di Australia. Di pojok pasar, kita bisa menjumpai pedagang bunga hias. Sangat beragam!

Di sisi tepi jalan pasar, ada masih banyak penjual lainnya yang menarik. Ada penjual casing handphone dari kayu, baju-baju, produk perawatan rambut pria, hingga lukisan-lukisan. Sungguh menarik!

Harga yang ditawarkan di Paddington Market ini pun beragam, tergantung jenis dan desainnya. Semakin rumit desainnya, harganya juga pasti akan mengikuti.

Dompet dan sabuk dari kulit sapi asli dipatok sekitar AU$100-an (setara Rp 1 jutaan), baju-baju rerata AU$ 25 (setara Rp 250 ribuan), dan aksesoris sekitar AU$ 10-25 (Rp 100-250 ribuan). Cukup murah, mengingat kualitas dan desain eksklusif yang ditawarkan sang penjual.

Kerajinan topi di Paddington Market (Wahyu/detikTravel)Kerajinan topi di Paddington Market (Wahyu/detikTravel)
Meski tidak berniat belanja, tetapi jalan-jalan di Paddington Market cukup seru juga. Kita bisa melihat interaksi warga lokal Sydney, antara penjual dan pembeli yang akrab.

Beberapa kali juga secara tidak sengaja saya mendengar orang yang mengobrol menggunakan Bahasa Indonesia. Rupanya ada juga warga Indonesia yang jalan-jalan sampai ke Paddington Market. Sayang saya tidak sempat menyapa mereka.

Nyamannya Paddington Market membuat banyak pengunjung yang datang ke pasar ini bersama dengan keluarga mereka. Di pasar ini juga menyediakan arena permainan anak-anak yang bisa dipakai bermain. Traveler yang liburan ke Sydney jangan lewatkan untuk mampir ke pasar ini. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED