Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Apr 2017 10:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Unik Banget! Festival Musik di Bawah Air

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Foto: Festival musik bawah laut (Florida Keys News Bureau)
Foto: Festival musik bawah laut (Florida Keys News Bureau)

FOKUS BERITA

Bukan Bawah Laut Biasa
Big Pine Key - Anda traveler pecinta diving dan musik sekaligus? Di Amerika Serikat ada festival musik bawah laut lho. Sungguh bukan wisata bawah laut yang biasa-biasa.

Setiap tahunnya, Kepulauan Florida Keys yang berjarak 200 km di selatan Miami, Amerika Serikat menyelenggarakan Keys Underwater Music Festival atau Festival Musik Bawah Laut Keys. Dari situs Lower Keys Chamber of Commerce, Kamis (13/4/2017) pada tahun lalu festival itu bertempat di Looe Key Reef tanggal 9 Juli 2016.

Di sana, Anda tak hanya dapat menonton konser di panggung yang sudah biasa digelar. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, kegiatan itu dalam rangka meningkatkan kepedulian serta kampanye akan lingkungan hidup dan terumbu karang.

Sejumlah diver hingga lembaga pelestarian terumbu karang dan stasiun radio lokal juga ikut meramaikan. Secara konsep, konser ini sebagai pengingat untuk menjaga Taman Bawah Laut Florida Keys yang menaungi lokasi Off Big Pine selaku venue festival.

"Kami punya pesan lingkungan yang sangat kuat, kami juga punya pesan kepedulian akan diver, etika terumbu karang, serta bagaimana bertingkah yang benar di sekitar terumbu karang, jadi Anda tidak meninggalkan jejak selain gelembung udara," jelas pendiri Festival Musik Bawah Laut Keys, Bill Becker seperti diberitakan media CBS Miami kala itu.

Musik pun menjadi elemen pelengkap yang dapat dinikmati oleh traveler pecinta diving yang hadir. Alunan musik bertema laut pun dilantunkan lewat sebuah speaker kedap air dengan kabel yang memanjang ke perahu di atasnya.

Lagunya pun dipilih secara khusus oleh stasiun radio lokal Keys. Contohnya seperti 'Yellow Submarine' dari grup band Beatles hingga 'Knee Deep' oleh Jimmy Buffet dan Zac Brown Band. Istilahnya santai seperti di pantai.

"Sangat menarik rasanya, diving sambil mendengarkan musik. Terutama ketika Anda terbiasa mendengar suara bawah air yang tenang," tambah Bill.

Ratusan peserta festival pun tampil dengan mengenakan berbagai kostum bertema laut serta alat musik. Dari yang memakai kostum putri duyung sambil memainkan ukulele hingga yang membawa terompet bentuk ikan. Lucunya, bahkan ada yang memakai kostum tokoh Spongebob!

Faktanya, suara bergerak 3-4 kali lebih cepat di air ketimbang di udara. Sensasi mendengarkan musik di bawah air pun akan menjadi pengalaman yang berbeda. Bagi yang tidak bisa diving, bisa streaming musiknya lewat stasiun radio lokal Keys, WWUS.

Festival itu berlangsung selama 4 jam lamanya. Ide yang orisinil pastinya menarik traveler pecinta olahraga diving juga musik.

Seandainya saja festival itu bisa diadakan di Indonesia yang kaya akan alam bawah lautnya. Pasti seru sekali ya! (msl/fay)

FOKUS BERITA

Bukan Bawah Laut Biasa
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED
Liburan Selebriti di Indonesia

Tips Menguntit Liburan Selebriti Idola

Kamis, 20 Jul 2017 17:50 WIB

Bukan main senangnya kalau tahu selebriti idola kita sedang liburan di Indonesia. Tak sedikit penggemar mencoba mendekati mereka. Tapi kamu harus tahu tipsnya.