Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Apr 2017 15:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Menyelami Gua Sampai ke Laut, Berani?

Afif Farhan
Redaksi Travel
Foto: Menyelam ke dalam gua yang tersambung ke laut, berani? (Cenotes Sac Actun)
Foto: Menyelam ke dalam gua yang tersambung ke laut, berani? (Cenotes Sac Actun)

FOKUS BERITA

Bukan Bawah Laut Biasa
Quintana Roo - Masuk ke dalam gua dengan trekking atau pakai tali, itu biasa. Di Meksiko berbeda, ada gua yang terhubung sampai ke laut dan menjelajahinya harus diving!

Sistema Sac Actun, itulah nama gua yang berada di Desa Tulum, Quintana Roo, 130 km dari Cancun, Meksiko. Suatu rangkaian gua yang disebut-sebut terpanjang sedunia yang mencapai 230 km. Guanya pun terhubung sampai ke laut.

Dirangkum detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (13/4/2017) Sistema Sac Actun pertama kali ditemukan pada tahun 2007. Gua ini ditemukan oleh seorang petualang bernama Stephen Bogaerts bersama temannya Robbie Schmitter.

Saat mau memasuki gua, alat diving sudah harus siap. Setelah trekking, selanjutnya kita harus menyelam ke dalam air dengan peralatan diving. Lihatlah airnya yang berwarna biru jernih, yang ternyata sudah merupakan air laut.

Selamat datang di Sistema Sac Actun (Cenotes Sac Actun)Selamat datang di Sistema Sac Actun (Cenotes Sac Actun) Foto: (Cenotes Sac Actun)
Ingat dulu, bagi yang mau menyelam harap sudah memiliki lisensi menyelam. Menyelamnya pun dilarang sendirian, maka disarankan untuk megikuti paket diving yang ditawarkan beberapa operator tur di Meksiko dan akan ditemani pemandu.

Beberapa operator turnya seperti Xibalba Dive Center, Go cavern Diving dan Cenotes Sac Actun. Kembali soal diving, saat memasuki air di guanya siap-siap terkesima dengan stalaktit dan stalagmit yang besar-besar!

Penyelaman ke dalam gua (Cenotes Sac Actun)Penyelaman ke dalam gua (Cenotes Sac Actun)


Keren bukan? (Cenotes Sac Actun)Keren bukan? (Cenotes Sac Actun)
Rasakan airnya yang super dingin. Memang tidak ada ikan laut atau mahluk lainnya, tapi ada sensasi tak terlupakan saat kamu meliak-liuk di lorong gua. Rasanya dahsyat!

Sayangnya, karena jarak yang terlalu jauh maka penyelaman di Sistema Sac Actun tidak sampai ke laut. Hanya sampai di beberapa titik saja, demi alasan keamanan dan keselamatan. Namun setidaknya, airnya yang merupakan air laut sudah cukup membuat kamu benar-benar berada di laut.

Selamat mencoba!

Saksikan video 20detik di sini:

(aff/fay)

FOKUS BERITA

Bukan Bawah Laut Biasa
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Korea Selatan

Pulau Jeju dan Bali Ternyata 'Bersaudara'

Selasa, 21 Nov 2017 12:10 WIB

Pulau Jeju di Korea Selatan dan Bali punya banyak kesamaan. Keduanya memiliki wisata alam yang indah, makanan khas yang nikmat, juga keramahan para penduduknya.