Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 04 Mei 2017 16:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Melihat Jeronimos, Tempat Pengembara Vasco da Gama Portugal Berdoa

Foto: ( Elizabeth Elza Astari Retaduari/detikTravel)
Lisbon - Saat ke Portugal, kurang tepat rasanya apabila traveler tak berkunjung ke Jeronimos Monastery. Biara dan gereja sekaligus monumen penting di Portugal ini diakui sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO.

Berada di Distrik Belem, Lisbon, Jeronimos dibangun dengan gaya arsitektur Manuelina atau yang juga dikenal dengan istilah Portuguese Gothic. detikTravel sempat bertandang ke Jeronimos beberapa waktu lalu, betapa sangat indah dan menawannya bangunan ini.

Di dalam monumen yang telah berusia 500 tahun itu terdapat sejumlah makam pahlawan dan tokoh penting Portugal. Di antaranya pengembara Vasco da Gama yang berhasil menemukan jalan laut langsung dari Eropa ke India, penyair Luiz Vaz de Camoes, hingga makam keluarga kerajaan Portugal masa lalu, seperti Raja Manuel I dan istrinya, Raja Joao III dan Ratu Catarina.

Makam-makam tersebut berada di sisi depan dekat pintu masuk. Terdapat patung Vasco da Gama di atas petinya. Hal serupa juga ada di makam Luiz yang menceritakan keberhasilan ekspedisi pertama Vasco da Gama. Sebait puisi yang ditulisnya pun terpahat di sekeliling petinya.
Melihat Jeronimos, Tempat Pengembara Vasco da Gama Portugal BerdoaFoto: ( Elizabeth Elza Astari Retaduari/detikTravel)

Bangunan yang juga berfungsi sebagai museum arkeologi itu menyimpan berbagai koleksi benda-benda bersejarah peninggalan maritim Portugal. Negara ini memang terkenal sebagai negara maritim dan banyak melahirkan penjelajah dan pelaut tersohor.

Seorang warga setempat mengatakan, Jeronimos pernah dijadikan sebagai Markas Angkatan Laut Portugal. Lokasi monumen ini memang persis berada di mulut Sungai Tagus. Kompleks biara itu merupakan salah satu yang bertahan dari gempa hebat pada tahun 1755.

"Sebelum Vasco da Gama memulai perjalanan, dia mengajak para awaknya berdoa di sini tepat sebelum berangkat, dia meminta berkat di situ," ujar Sandra, warga Portugal saat berbincang dengan detikTravel kala itu.
Melihat Jeronimos, Tempat Pengembara Vasco da Gama Portugal BerdoaFoto: ( Elizabeth Elza Astari Retaduari/detikTravel)

Di dalam monumen tersebut juga terdapat makam kosong untuk mengenang Raja Sebastian yang tak pernah kembali ke Portugal dari peperangan Ksae El Kebir tahun 1578. Jeronimos yang sekaligus merupakan Navy Museum itu pun memamerkan berbagai benda sejarah kemaritiman dengan display kapal dan lain-lain.

Bagian gereja terletak di bagian sisi paling dalam Kompleks Biara yang dibangun pada tahun 1495 oleh Biarawan Saint Jerome tersebut. Gereja itu disebut sebagai Gereja Saint Maria of Balem atau Santa Maria de Balem. Dulunya gereja tersebut diabdikan oleh Maria of Balem.

"That is our Lady," ujar Sandra menunjuk patung Santa Maria de Balem yang berada di area gereja.

Bangku-bangku kayu gereja diletakkan di depan altar untuk siapapun umat Nasrani yang hendak berdoa di situ. Ada banyak pula patung-patung orang suci Kristiani dan malaikat. Traveler tak akan dipungut biaya untuk masuk ke Kompleks Biara ini, kecuali tips bagi pemandu wisata. Namun wisata monumen bersejarah itu tidak buka setiap hari.
Melihat Jeronimos, Tempat Pengembara Vasco da Gama Portugal BerdoaFoto: ( Elizabeth Elza Astari Retaduari/detikTravel)

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan sang istri, Ibu Ani, sempat datang ke Jeronimos dalam lawatannya ke Portugal tahun 2014 lalu. Lokasi Biara Jeronimos berada di sebelah Belem Tower yang juga masuk dalam UNESCO World Heritage Site pada tahun 1983.

Menara tersebut merupakan pintu masuk bagi para pelaut kala itu. Konon kabarnya, Columbus pun pernah mampir ke Balem setelah menemukan dunia. Menara ini merupakan bangunan terakhir yang dilihat para penjelajah saat kapalnya meninggalkan Lisbon, ibu kota Portugal. (elz/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA