Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Jun 2017 18:34 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Lucu, Museum Ini Punya Miniatur Kereta yang Bisa Dinaiki

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Takao Railway Museum Kaohsiung, Taiwan (Masaul/detikTravel)
Takao Railway Museum Kaohsiung, Taiwan (Masaul/detikTravel)
Kaohsiung - Sebuah museum kereta di Kota Kaohsiung, Taiwan memberi pengalaman menarik bagi para pengunjungnya. Mereka yang datang bisa menaiki miniatur kereta kecil. Lucu!

detikTravel berkesempatan melancong ke kota kedua Taiwan itu beberapa waktu lalu. Namanya Hamasen Railway Cultural Park. Pada awalnya lokasi ini adalah Stasiun Pelabuhan Kaohsiung.

Dikumpulkan dari informasi yang tersedia di lokasi, inilah stasiun kereta api pertama di Kota Kaohsiung. Lalu pada saat ini telah diubah menjadi Takao Railway Museum.

Kawasan ini ada di Hamasen, yang terdiri dari museum, taman, hingga pusat oleh-oleh. Kereta api di sana pun masih ada dan dipelihara secara baik. Dapat dikatakan pula bahwa, inilah satu-satunya museum kereta api yang sekaligus ada stasiunnya yang jalur kereta apinya masih aktif.

Lucu, Museum Ini Punya Miniatur Kereta yang Bisa DinaikiTakao Railway Museum Kaohsiung (Masaul/detikTravel)


Di belakang Museum Takao ada juga ruang hijau yang luas. Para pengunjung yang datang dapat bermain layang-layang maupun sekadar foto. Berbagai instalasi berbahan logam, seperti koper, terompet, dan roket ada di kawasan taman ini.

Kawasan ini merupakan perluasan dari Pier-2 Art Center yang penuh dengan instalasi seni yang lucu-lucu. Maka dari itu, kawasan ini menjadi favorit penduduk lokal maupun turis asing.


Lucu, Museum Ini Punya Miniatur Kereta yang Bisa DinaikiPara penjual layang-layang di sekitar Museum Kereta Kaohsiung (Masaul/detikTravel)

Mengenal Takao Museum, yakni stasiun kereta Pelabuhan Kaohsiung dibangun pada masa Jepang. Pada tahun 2003, bangunan stasiun diklasifikasikan sebagai bangunan bersejarah oleh pemerintah Kota Kaohsiung. Pada tanggal 9 November 2008, kereta terakhir ditarik keluar dari stasiun pada pukul 05.30 malam.

Begitu stasiun ditutup, pemerintah mengambil alih gedung stasiun. Pada tanggal 24 Oktober 2010, pemerintah memberi izin kepada Railway Culture Society untuk membuka Museum Kereta Api Takao.

Kembali ke miniatur kereta ini terletak di Hamasen Railway Cultural Park. Mulai dari anak kecil hingga orang tua tak ketinggalan menaiki kereta mini yang berkeliling bangunan bekas penyimpanan gerbong kereta itu.

Lucu, Museum Ini Punya Miniatur Kereta yang Bisa DinaikiNaik kereta miniatur di Museum Kaosiung (Masaul/detikTravel)

Lucu, Museum Ini Punya Miniatur Kereta yang Bisa DinaikiBangunan bekas penyimpanan gerbong kereta Hamasen (Masaul/detikTravel)
(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED