Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Jun 2017 19:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ritual Mistis di Vietnam: Kesurupan Lalu Menari 7 Jam

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: Ritual mistis Hau Dong di Vietnam (Nguyen Huy Kham/Reuters)
Foto: Ritual mistis Hau Dong di Vietnam (Nguyen Huy Kham/Reuters)
Hanoi - Di Vietnam terdapat ritual mistis untuk menghormati para dewi. Ritual ini bernama Hau Dong, yang mana ada adegan kesurupan dan menari selama 7 jam!

Ritual yang terdapat di Hanoi, Vietnam ini biasanya dilakukan pada momen-momen tertentu seperti festival, acara ulang tahun, acara perayaan, maupun momen informal lainnya. Ritual ini bisa dilaksanakan di kuil, pagoda, atau tempat suci serupa.

Dilansir detikTravel dari situs Reuters, Rabu (21/6/2017) Ritual Hau Dong merupakan ritual yang dilakukan di dalam kuil untuk menghormati para leluhur dan para Dewi Hutan, Dewi Air dan Dewi Keberuntungan. Ritual ini dipimpin oleh seorang cenayang atau dukun.

Canayang yang memimpin ritual nantinya akan mengenakan pakaian sutera berwarna cerah dan berdandan seperti wanita. Nantinya dia akan menari dengan lilin di celah-celah jarinya diiringi oleh musik tradisional dan lagu-lagu berisi doa.

Sesajian yang dipersembahkan untuk leluhur pada ritual Hau Dong (Nguyen Huy Kham/ REUTERS)Sesajian yang dipersembahkan untuk leluhur pada ritual Hau Dong (Nguyen Huy Kham/ REUTERS)


Iringan musik dan lagu yang semarak dan energik akan mengiringi cenayang untuk membuka energi tubuhnya. Kemudian berbagai karakter akan masuk ke dalam tubuh cenayang. Karakter yang masuk bisa menjadi roh dewa, toko sejarah atau legenda.

Menariknya lagi, kostum akan berbeda-beda sesuai dengan roh yang memasuki cenayang. Jika dia dalah seorang jendral, maka dia akan mengenakan jubah dan memegang pedang. Nantinya musik pun akan berganti sesuai dengan karakter yang masuk ke dalam cenayang. Ritual ini bisa sampai 7 jam lho!

Cenayang berdoa sebelum memulai ritual Hau Dong (Nguyen Huy Kham/ REUTERS)Cenayang berdoa sebelum memulai ritual Hau Dong (Nguyen Huy Kham/ REUTERS)


Jadi selama menari, karakter tersebut akan bergantian masuk di dalam tubuh cenayang. Orang-orang yang percaya akan berlutut dan menghamburkan uang dengan perasaan gembira kepada cenayang. Kemudian mereka berdoa, bisa untuk kesembuhan atau kesuksesan.

Ritual Hau Dong dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada roh. Tidak hanya uang tetapi juga ada makanan, telur dan mie instan. Terserah dari yang ingin berdoa. Mulai dari kaum menengah, kaum bawah, dan orang kaya datang ke ritual ini. Bisa jadi mereka datang berdoa ke kuil, atau sekedar melihat ritual.

Pada tahun 2005, ritual Hau Dong ini sempat dilarang karena Partai komunis menganggap ini adalah tahayul, serta terkesan menghambur-hamburkan uang. Namun pada tahun 2016, Hau Dong diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Kebudayaan Manusia di Vietnam. (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA