Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Jul 2017 07:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Cerita Kepiting yang Mirip Wajah Samurai

Afif Farhan
Redaksi Travel
Foto: Samurai Crab di Jepang (Ultimate Archive/Youtube)
Foto: Samurai Crab di Jepang (Ultimate Archive/Youtube)
Hiroshima - Selalu ada hal menarik di Jepang. Seperti yang satu ini dan mungkin kamu belum tahu, kepiting yang punya cangkang mirip muka samurai.

Kepiting itu punya nama Heikegani, atau lebih familiar disebut Samurai Crab. Disebut seperti itu, sebab bentuk cangkangnya tak biasa. Orang Jepang meyakininya mirip samurai dan ada cerita di baliknya.

detikTravel pun mewawancarai pendiri Omakase Tour, Takeshi Sakamoto. Ketika ditanya soal Samurai Crab, dia langsung bilang kalau itu adalah kepiting paling terkenal bagi orang Jepang. Para turis, kebanyakan tidak tahu!

"Tidak banyak orang yang tahu tentang Samurai Crab. Kepiting itu langka, lihatlah badannya yang mirip muka samurai," ujar Takeshi kepada detikTravel, Selasa (4/7/2017).

Cangkang kepitingnya yang mirip wajah samurai (Ultimate Archive/Youtube)Cangkang kepitingnya yang mirip wajah samurai (Ultimate Archive/Youtube)
Menurut kepercayaan orang-orang Jepang, dijelaskan oleh Takeshi, kepitingnya diyakini adalah penjelmaan dari keluarga atau klan Taira atau Heike. Klan Taira di tahun 1100-an, berperang melawan Klan Genji untuk merebutkan tahta kekaisaran Jepang.

Sayang, Klan Taira terpojok. Daripada menyerah dan mengaku kalah, mereka memilih jalan terhormat dengan bunuh diri. Mereka melompat ke laut dan tenggelam!

"Kemudian bagi kami, kami mempercayai kalau kepiting yang memiliki badan atau cangkangnya seperti wajah samurai adalah para samurai dari klan Taira. Kami pun tidak disarankan untuk memakannya," terang Takeshi.

Jika dilihat badan cangkang kepiting Samurai Crab menyerupai bak wajah dengan muka, hidung dan mulut. Wajah itu pun dinilai sebagai bentuk topeng yang dipakai para samurai.

Beberapa contoh topeng-topeng samurai (Thinkstock)Beberapa contoh topeng-topeng samurai (Thinkstock)
Namun dari segi ilimiah, dirangkum detikTravel dari berbagai sumber, Samurai Crab tidak mendapat seleksi alam yang keras. Sebab dari zaman dulu, populasinya tidak terganggu dengan perburuan manusia. Jadilah, kepiting-kepiting dengan cangkang yang unik tersebut bisa berkembang biak dengan jumlah yang sangat besar.

"Kepitingnya juga hidup di kedalaman 10 sampai 30 meter," tambah Takeshi.

Ukurannya tidak besar-besar amat (Thinkstock)Ukurannya tidak besar-besar amat (Thinkstock)
Di mana tempat untuk melihat Samurai Crab? Takeshi menerangkan kalau kepitingnya hidup di laut-laut yang dalam di sekitar Hiroshima, Okayama, Kagawa dan Ehime.

"Kalau tahu Pulau Miyajima di Hiroshima yang punya gerbang Kuil Itsukushima di tengah laut, nah di sekitar situlah banyak Samurai Crab. Dilihat dari sejarah, Kuil Itsukushima dibangun oleh Tairano Kiyomori, pemimpin paling terkenal dari Klan Taira," papar Takeshi.

Omakase Tour yang dimiliki Takeshi pun menjual paket wisata ke Pulau Miyajima. Sepanjang tur, para pemandunya akan menceritakan banyak sejarah Jepang, fun fact, termasuk soal Samurai Crab.

"Kami juga akan mengantar ke Miyajima Public Aquarium. Di sana bisa melihat Samurai Crab dari dekat," pungkas Takeshi.

Ada banyak Samurai Crab di sekitar gerbang kuil ini (Kurnia/detikTravel)Ada banyak Samurai Crab di sekitar gerbang kuil ini (Kurnia/detikTravel)
(aff/krn)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Jepang

Foto: Kebun Bunga Seperti Pelangi

Senin, 24 Jul 2017 18:40 WIB

Di Kawasan Biei, Hokkaido, Jepang ada keajaiban alam berupa kebun bunga yang berwarna-warni seperti layaknya pelangi. Mejikuhibiniu, semuanya ada!

'Dari Tangerang untuk Indonesia'

Senin, 24 Jul 2017 18:15 WIB

Pembukaan Festival Cisadane 2017 berlangsung sangat meriah. Inilah festival di Tangerang yang menampilkan budaya, adat dan mengenalkan Sungai Cisadane.