Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Jul 2017 07:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Boneka yang Jadi Jimat dan Dipercaya Bawa keberuntungan

Syanti Mustika
Redaksi Travel
Boneka dipercayai membawa keberuntungan di Thailand (Patpicha Tanakasempipa/Reuters)
Boneka dipercayai membawa keberuntungan di Thailand (Patpicha Tanakasempipa/Reuters)
Nonthaburi - Di Thailand terdapat kepercayaan bahwa boneka bisa membawa keberuntungan. Mereka mengoleksi boneka-boneka dan membacakannya doa-doa.

Biasanya kita mengoleksi boneka untuk panjangan atau hadiah ulang tahun untuk anak perempuan. Namun, tidak begitu di Thailand, mereka mengoleksi puluhan boneka karena mereka percaya akan membawa keberuntungan.

Dilansir detikTravel dari Reuters, Selasa (25/7/2017) masyarakat Thailand menyebut boneka keberuntungan mereka dengan 'nong petch' atau 'child angel'. Masyarakat menganggap boneka ini adalah jimat, yang akan membawa peruntungan kepada kehidupan mereka.

Boneka yang mereka koleksi adalah boneka plastik. Boneka bisa dibeli di toko boneka atau secara online. Setelah didapatkan, boneka ini mereka bawa ke Kuil Wat Bua Khwan di Nonthaburi, Thailand. Jadi traveler nanti jangan kaget melihat orang-orang sembahyang dan berdoa sambil memegang boneka.

Boneka nantinya akan diminyaki oleh biksu, kemudian akan didoakan (Patpicha Tanakasempipa/Reuters)Boneka nantinya akan diminyaki oleh biksu, kemudian akan didoakan (Patpicha Tanakasempipa/Reuters) Foto: (Patpicha Tanakasempipa/Reuters)
Nantinya biksu akan meminyaki boneka dan si pemilik akan berdoa, mengharapkan keberuntungan. Pemilik akan membawa pulang, dan memperlakukan boneka tersebut seperti anak kecil. Boneka diberi baju bagus, dihiasi, dibat seindah mungkin.

Para pemuja boneka ini mulai membuat khawatir pemerintah. Karena dikhawatirkan kepercayaan ini timbul karena masalah ekonomi. Mereka tidak habis pikir, masyarakat yang tidak memiliki uang rela melakukan apapun untuk dapat membeli boneka dan memuja-muja laksana dewa.

Bahkan tahun 2014 ada maskapai di Thailand yang menjual tiket untuk boneka lho! Namun maskapai ini telah dilarang melakukan tindakakn ini karena dikhawatirkan boneka digunakan untuk menyeludupkan narkoba.

Para pemuja boneka berharap dan percaya bahwa boneka nantinya akan membawa keberuntungan (Patpicha Tanakasempipa/Reuters)Para pemuja boneka berharap dan percaya bahwa boneka nantinya akan membawa keberuntungan (Patpicha Tanakasempipa/Reuters) Foto: (Patpicha Tanakasempipa/Reuters)
(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED