Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Ags 2017 07:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Menginjak Kepala Anak, Ritual Suci dari India

Syanti Mustika
Redaksi Travel
Ritual injak kepala anak (Rupak De Chowdhuri/Reuters)
Ritual injak kepala anak (Rupak De Chowdhuri/Reuters)
Kolkata - Berbagai ritual dan upacara di dunia patut kita ketahui. Salah satunya adalah di India, meminta pendeta untuk menginjak kepala anak supaya diberi keberkatan hidup .

India merupakan negara yang sangat kental dengan budaya Hindu dan Budha. Beragam upacara dan ritual dilakukan untuk menghormati dewa-dewa yang menjadi kepercayaan mereka.

Dilansir detikTravel dari situs Reuters, Senin (31/7/2017) di India terdapat Festival Siwa Gajan. Festival ini merupakan ritual tahunan umat Hindu di Kolkata.

Salah satu prosesi festival ini adalah meminta orang suci atau pendeta menyentuh kepala, wajah, pundak, perut dan lengan anak dengan kaki. Ritual ini dilakukan supaya anak diberkati kemakmuran dan kesuksesan di masa depan.

Nantinya para ibu akan menggendong anaknya dan membaringkannya berjajaran di jalanan lokasi festival. Para pendeta yang memakai kalung bunga akan meletakan kakinya di kepala dan beberapa bagian tubuh si anak sambil membacakan doa-doa.

Festival ini dirayakan setiap tahun di Bengal Barat dan Tripura. Biasanya dilakukan sehari sebelum berakhirnya kelender Bengali. Para pemuja nantinya akan memanjatkan doa-doa untuk kenikmatan dan harapan mereka di dengar oleh dewa.

Nah, traveler jangan kaget jika melihat anak-anak yang kepalanya di injak di festival di India ini ya. Itu merupakan salah satu ritual suci untuk memperoleh keberuntungan. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Ini Raja Ampat

Selasa, 22 Agu 2017 10:10 WIB

Wayag merupakan salah satu pulau di kawasan Raja Ampat. Kecantikannya bakal bikin kamu betah berlama-lama.