Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 07 Agu 2017 19:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Rumah Asli Maldives dan Tatakan Al Quran

Afif Farhan
Redaksi Travel
Inilah Rumah asli Maldives (Afif Farhan/detikTravel)
Inilah Rumah asli Maldives (Afif Farhan/detikTravel)
Male - Banyak traveler tahu kalau Maldives adalah destinasi idaman untuk bulan madu. Namun mungkin sedikit yang tahu, bagaimana sih kehidupan orang-orang Maldives?

Beberapa waktu lalu, detikTravel bersama rombongan awak media dari Jakarta mengunjungi Maldives atas undangan Club Med. Club Med sendiri adalah resor asal Prancis yang punya 2 resor di Maldives, yakni Club Med Kani Maldives dan Club Med Finolhu Maldives.

Dua resor itu lokasinya berdekatan, serta hanya berjarak 30 menit dari Bandara Velana di Male (ibukota negara Maldives). Yang menarik di Club Med Kani Maldives, terdapat replika rumah asli orang-orang Maldives!

"Rumah ini adalah rumah asli orang Maldives. Kita bangun agar tamu-tamu juga tahu bagaimana rupa asli rumah orang Maldives dan di dalamnya lengkap terdapat peralatan-peralatan sehari-hari. Boleh kalau mau masuk," ujar Hotel Service Manager Club Med Kani Maldives, Chokri.

Inilah Rumah asli Maldives (Afif/detikTravel)Inilah Rumah asli Maldives (Afif/detikTravel)


Bagian dalam rumah Maldives (Afif/detikTravel)Bagian dalam rumah Maldives (Afif/detikTravel)


Tampak rumahnya sangat sederhana, seperti suatu gubuk. Bangunannya terdiri dari kayu dan ditutupi jerami. Tipikal-tipikal rumah yang ada di pesisir seperti di Indonesia. Rumahnya pun dibagi dua bagian, bagian depan untuk 'sitting room' dan satu lagi 'bed room'.

Dari informasi yang tertera di depan rumahnya, orang Maldives menyebutn rumah itu dengan sebutan Kandoo Dhandi. Bahan-bahan rumahnya mengambil apa yang tersedia di alam. Untuk toilet, ada di bagian luar demi menghindari kebakaran (karena bahan-bahan rumahnya mudah terbakar). Sedangkan lantainya, adalah pasir pantai.

Beberapa perkakas pun ada di dalam rumahnya, seperti bejana untuk menampung air dan alat-alat memasak. Tak ada yang spesial sampai mata ini tertuju ke suatu benda yang berupa tatakan Al Quran.

Beberapa perkakas rumah tangga di dalam rumahnya (Afif/detikTravel)Beberapa perkakas rumah tangga di dalam rumahnya (Afif/detikTravel)


"Iya, memang di setiap rumah di Maldives memiliki tatakan Al Quran untuk membaca Al Quran. Itu terbuat dari kayu dan sangat sederhana," ujar salah seorang waiterss di Club Med Kani Maldives yang memang asli orang Maldives, Mohamad Farish.

Perlu diketahui, penduduk Maldives 100 persen memeluk agama Islam. Untuk sejarahnya, silakan baca di sini.

Inilah tatakan untuk membaca Al Quran (Afif/detikTravel)Inilah tatakan untuk membaca Al Quran (Afif/detikTravel)


"Membaca Al Quran, merupakan ibadah yang kita lakukan sehari-hari," tegas Farish.

Rumah-rumah asli Maldives yang tradisional seperti ini masih ada di beberapa pulau kecil. Bila tak sempat, melihatnya di Club Med Kani Maldives sudah cukup. Posisinya tak jauh dari pantai di dekat bagian resepsionis. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED