Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Agu 2017 09:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Asyik! Menjajal Penerbangan Perdana AirAsia Jakarta-Makau

Aji Bagoes Risang
Redaksi Travel
AirAsia resmi membuka rute Jakarta-Makau (Aji Bagus/detikTravel)
AirAsia resmi membuka rute Jakarta-Makau (Aji Bagus/detikTravel)
Makau - AirAsia membuka rute baru Jakarta-Makau untuk memperluas jaringan internasional mereka. detikTravel pun berkesempatan untuk menjajal penerbangan perdana ini.

detikTravel menjajal penerbangan perdana ini pada Senin (7/8/2017), pukul 01.55 dini hari. Bisa dibilang bahwa penerbangan kali ini spesial karena setelah sekian lama tidak ada perjalanan langsung dari Jakarta-Makau.

"Jadi terakhir adalah tahun 2009, itu penerbangan direct dari Jakarta ke Makau," jelas Rifai Taberi, Direktur Niaga AirAsia Indonesia.
Penumpangnya cukup ramai (Aji Bagoes/detikTravel)Penumpangnya cukup ramai (Aji Bagoes/detikTravel)


Pembukaan jalur ini juga jadi rute pertama AirAsia ke daerah Tiongkok. Setiap hari Senin, Jumat dan Minggu akan ada perjalanan PP (pergi pulang) dari Jakarta-Makau.

Saksikan video 20detik mengenai Penerbangan Perdana AirAsia Jakarta-Macau di sini:


Sebelum take off, ada acara peresmian dengan melakukan prosesi gunting pita oleh Rifai Taberi dan dilanjutkan dengan doa bersama. Para penumpang pun dibagikan suvenir khusus dari AirAsia.
Acara Gunting Pita (Aji Bagoes/detikTravel)Acara Gunting Pita (Aji Bagoes/detikTravel)


Pada penerbangan kali ini menggunakan pesawat bernomor lambung QZ 650. Tipe pesawat yang digunakan adalah Airbus A320 dengan 180 kursi yang tersedia dan hampir semuanya terisi.

Kursinya sendiri cukup luas dan nyaman. Lama perjalanannya diperkirakan 4 jam 55 menit. Ada perbedaan waktu antara Jakarta dan Makau, yaitu Makau lebih cepat satu jam.

Saat penerbangan, penumpang bisa memesan makanan dengan berbagai pilihan, seperti nasi padang, nasi lemak, hingga thai green curry.

Saat traveler memilih santapan nasi padang, isi lauknya ada daging rendang, ikan teri, daun singkong, dan sambal hijau yang tak terlalu pedas. Lumayan bukan?

Makanan yang disajikan selama penerbangan (Aji Bagoes/detikTravel)Makanan yang disajikan selama penerbangan (Aji Bagoes/detikTravel)


Perjalanan perdana ini berjalan lancar dan mendarat 20 menit lebih cepat dari perkiraan. Sesampainya di Macau International Airport, pesawat langsung disambut dengan prosesi penyiraman air (water cannon) yang mengundang tepuk tangan riuh dari para penumpang.

Menurut Rifai, jalur Jakarta-Makau dan sebaliknya ini sangat potensial. Data-data jumlah penumpang semakin meningkat di tiap tahunnya.

(Aji Bagoes/detikTravel)Suasana dalam pesawat (Aji Bagoes/detikTravel)


"Kedua destinasi ini punya potensi yang sangat besar. Jakarta sendiri sedang berkembang, infrastruktur semuanya bertambah dan perekonomian juga meningkat. Sementara Makau juga sebagai destinasi, menurut kita ini destinasi yang sangat potensial sekali bagi orang Indonesia, karena dari statistik, kita melihat banyak sekali orang Indonesia yang ke sana tapi tidak direct. Mereka lewat ke Hong Kong lalu menyeberang menggunakan ferry," kata dia.

Di Makau, detikTravel dan rombongan akan diajak jalan-jalan oleh pihak AirAsia dan MGTO (Macau Government Tourism Office) ke tempat-tempat wisata terbaik di Macau. Rencananya, perjalanan nanti akan dilanjutkan ke Zhuhai, China. (msl/wsw)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED