Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Agu 2017 17:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ingin Hujan Deras? Gelar Dulu 'Pernikahan' Katak

Syanti Mustika
Redaksi Travel
Foto: (Reuters)
Foto: (Reuters)
Assam - India punya ritual unik untuk mendatangkan hujan. Mereka akan menikahkan katak, dan merayakannya seperti layaknya pernikahan manusia.

India merupakan salah satu negara yang kaya akan ritual untuk memuja Tuhan dan mencintai alam. Salah satu ritual unik yang perlu kita ketahui adalah pernikahan katak.

Dikumpul detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (11/8/2017) di India, tepatnya di Desa Bordolini yang berada di wilayah Assam. Mereka mempunyai ritual unik tatkala dilanda kemarau panjang. Terdapat pernikahan katak yang berguna untuk memanggil hujan.

Uniknya, sepasang katak nantinya akan diberi nama yang berasal dari mitologi epic Ramayana, Rama (untuk katak jantan) dan Sita (untuk katak betina). Katak-katak ini akan melewati ritual pernikahan sesuai tradisional Hindu.

Para petani nantinya akan patungan dan mengadakan pesta pernikahan untuk ke dua mempelai katak ini. Mereka akan mengumpulkan ribuan petani untuk ikut dalam ritual. Bahkan para wanita nantinya akan puasa sebelum hari pernikahan.

Sebelum ritual, katak-katak ini dimandikan, dibersihkan, dikenakan pakaian (berupa kain) dan dikalungi bunga. Bahkan katak-katak tersebut juga diolesi sindoor.

Traveler tahu apa itu sindoor? Coba perhatikan perempuan yang akan menikah di di film-film Bollywood. Terdapat warna merah di belahan rambut di kepalanya kan? Nah, itulah yang disebut sindoor. Katak-katak tersebut juga dioleskan sindoor di kepala mereka.

Pengantin katakpun melewati ritual pernikahan, dan para petani pun bersorak senang. Mereka menari-nari dan bernyanyi merayakan pernikahan katak ini.

Setelah pesta usai, pengantin katak pun di arak menuju rawa-rawa, kemudian dilepas. Setelah itu para petani akan memanjatkan doa kepada Dewa Indra supaya kekeringan di desa mereka berakhir. (sym/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED