Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Agu 2017 18:13 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bukan Lipstik, Wanita Ini Terobsesi dengan Kaleng

Bona
Redaksi Travel
Dardenne, si wanita kaleng (Yves Herman/Reuters)
Dardenne, si wanita kaleng (Yves Herman/Reuters)
City of Brussels - Seorang wanita di Belgia memiliki obsesi yang unik. Bukannya lipstik, wanita ini koleksi puluhan ribu kaleng dengan berbagai bentuk dari berbagai negara.

Diintip detikTravel dari Reuters, Rabu (23/8/2017), seorang wanita bernama Yvette Dardenne memiliki obsesi yang tak biasa. Kalau biasanya perempuan gemar mengoleksi lipstik atau kosmetik lainnya, Dardenne justru terobsesi dengan kaleng timah.

Kecintaannya pada kaleng timah dimulai 22 tahun lalu. Saat itu, bibinya memberi kotak coklat yang diberi hiasan dari tahun 1950-an.

Saat itu lah, ia mulai jatuh cinta pada kaleng timah yang unik. Kaleng timah bisa kita temukan sebagai kotak hiasan atau tempat mainan.

Kaleng dengan bentuk busKaleng dengan bentuk bus Foto: (Yves Herman/Reuters)
Dari berbagai negara, ada banyak bentuk dari kaleng timah yang dikreasikan. Dardenne pun mengumpulkan berbagai kaleng timah dengan bentuk unik dari berbagai belahan dunia.

Saking obsesinya, selama 2 dekade ia berhasil mengumpulkan 56.800 kaleng timah. Mulai dari kaleng kue edisi Mickey Mouse yang langka, litografi abad ke 20, sampai tempat makan berbentuk kendaraan tertata rapih di dalam rumah.

Bukan hanya itu, Dardenne juga mengoleksi kaleng-kaleng biskuit jadul. Mulai dari merk lokal sampai internasional. Ukurannya pun bervariasi. Keren!

Tak salah lagi, Dardenne mendapat julukan si wanita kaleng. Karena seisi rumahnya hanya ada kaleng.

Seluruh kaleng ini ia tata dengan rapih. Mulai dari rak sampai lantai penuh dengan kaleng warna-warni dengan berbagai bentuk.

Bagi Dardenne, mereka lebih dari sekadar wadah kaleng. Dekorasi yang unik, penuh warna, melambangkan peristiwa besar dari politik, agama sampai budaya kontemporer. Ia menjadikan kaleng-kaleng ini sebagai dokumen sejarah selama dua abad terakhir.

Koleksi kaleng Dardenne dengan ukuran yang beragamKoleksi kaleng Dardenne dengan ukuran yang beragam Foto: (Yves Herman/Reuters)
(bnl/krn)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED