Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 12 Sep 2017 07:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Profesi Pembersih Kuburan yang Tidak Biasa

Bona
Redaksi Travel
Foto: Pembersih kuburan di Guatemala (Reuters)
Foto: Pembersih kuburan di Guatemala (Reuters)
Guatemala City - Kuburan di Guatemala, negara di Amerika Tengah ini unik karena disusun. Ada pula pekerja yang membersihkannya.... yang bikin geleng-geleng kepala.

Orang Guatemala tidak mengubur masyarakatnya dengan tanah, tapi disusun horizontal di sebuah bangunan. Kuburan yang sudah tidak terpakai atau rusak akan 'dibersihkan'.

Diintip detikTravel dari Reuters, Selasa (12/9/2017) sebuah profesi di Guatemala bisa bikin kamu merinding. Namanya grave cleaner atau tukang pembersih kuburan.

Kuburan yang dibersihkan bukanlah kuburan tertutup seperti yang ada di Indonesia. Kuburan tersebut haruslah tua, sudah tidak berbayar atau sudah tak ada yang mengakui.

Tipe kuburan di Guatemala bukanlah dikubur di dalam tanah. Tapi bersusun horizontal dan dengan bangunan yang disemen.

Kuburan di GuatemalaKuburan di Guatemala Foto: (Reuters)
Dibuat seperti rak yang memanjang ke belakang, kuburan ini juga di beri keterangan jenazah di depan pintunya yang disemen. Grave cleaner akan membobol makam-makam yang tak berbayar atau expired. Kemudian para grave cleaner ini akan masuk ke dalam lubang kubur dan mengeluarkan peti atau pun sisa tengkorak.

Ada jenazah yang masih berbentuk. Ada pula yang sudah hancur dan hanya menyisakan beberapa tulang. Grave cleaner haruslah memasukkan tengkorak-tengkorak tersebut ke dalam plastik.

Plastik tersebut nantinya akan diberi label dan keterangan, seperti yang ada di nisan kuburan. Setelah itu, lubang kubur akan dibersihkan sampai kosong.

Grave cleaner yang masuk ke dalam kuburanGrave cleaner yang masuk ke dalam kuburan Foto: (Reuters)
Setelah itu, tumpukan plastik yang berisi tengkorak akan dipindahkan dengan mobil pengangkut. Tumpukan mumi ini akan 'dikubur' ulang di sebuah tempat yang jadi kuburan masal bila tak ada keluarga yang mengakui.

Kuburan masal ini berbentuk seperti sumur besar yang cukup dalam. Seorang grave cleaner akan membawa meletakkan tumpukan mumi tersebut di dalam kuburan masal.

Ada kalanya grave cleaner masuk ke dalam kuburan masal bukan untuk meletakkan mumi atau sisa tengkorak. Tapi justru mencari tengkorak yang kuburannya sudah di bersihkan karena ada keluarga yang mencari.

Sumur masalSumur masal Foto: (Reuters)
(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED