Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 12 Sep 2017 12:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Sayang, Kastil-kastil Cantik Ini Malah Terbengkalai

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Foto: Kastil cantik yang terbengkalai (Dok. CNN Travel)
Foto: Kastil cantik yang terbengkalai (Dok. CNN Travel)
Zehra - Berbagai belahan dunia menyimpan sederet kastil yang cantik. Namun, tak seluruhnya terurus dengan baik karena ada yang terbengkalai hingga menyisakan dindingnya saja.

Dihimpun detikTravel dari CNN Travel, Senin (11/9/2017), kastil yang juga istana itu ditinggalkan beserta cerita di dalamnya. Hal ini diungkapkan penulis Kieron Connolly dalam buku barunya 'Abandoned Castles'

Ia telah mengeksplorasi benteng-benteng yang bisa dibilang spektakuler. Dari sana, ia masuk ke jendela-jendela peradaban yang telah lama berlalu.

"Masyarakat itu seperti tubuh: berabad-abad berlalu dan tubuhnya meluruh. Benteng itu seperti tengkorak atau seperti gigi, sebenarnya mereka bahkan terlihat seperti gigi, mencuat keluar dari tanah, memberi beberapa petunjuk, beberapa masukan dari masa lalu," kata Connolly.

Buku Connolly menampilkan istana-istana dari seluruh dunia dan berbagai peradaban, termasuk benteng militer abad ke-19 di Pegunungan Alpen Prancis. Ada pula istana abad ke-13 di Dataran Tinggi Skotlandia dan sebuah benteng abad pertengahan di Suriah.

Connolly juga telah menerbitkan oleh Amber Books, Abandoned Places, and Abandoned Wrecks. Di dalamnya, ia menelusuri tempat-tempat yang ditinggalkan dan merasa kembali ke masa kecilnya.

"Sebagai anak kecil kita akan pergi berjalan-jalan dan seringkali ke sepanjang jalur kereta yang tidak digunakan. Tempat-tempat ini memiliki atmosfir misteri: 'Mengapa ditutup, ke mana arahnya, seperti apa tutupnya saat ditutup, seberapa cepat cabang tumbuh di jalur, stasiun mulai runtuh?" jelas dia.

Kastil-kastil dalam bukunya itu memiliki sejarah berabad-abad lamanya. Selama bertahun-tahun berganti pemilik dan memiliki keinginan berbeda yang menyebabkan penerapan aturan berbeda pada arsitektur istananya.

"Saya suka bahwa Anda mengerti tentang lapisan sejarah ini. Anda bisa melihat bagaimana sebuah benteng dibangun dan kemudian dibangun kembali dan diperluas, bagaimana dindingnya berubah, bagaimana hal itu berlalu bolak-balik dan akhirnya menjadi usang," tukas dia.

Sayang, Kastil-kastil Cantik Ini Malah TerbengkalaiSpis Castle, di Slovakia (Dok. CNN Travel)
Contohnya adalah Spis Castle, di Slovakia. Mulai dibangun sebagai benteng pasukan Romawi pada abad ke-12 sebelum beralih ke bangunan Gothic pada beberapa abad kemudian.

Pada abad ke-15, benteng itu dibangun kembali sepenuhnya. Kemudian, pemilik baru mengubahnya menjadi tempat tinggal keluarga Renaisans. Namun akhirnya dibakar pada tahun 1780 dan tetap menyisakan gaya arsitektur yang berbeda.

Sayang, Kastil-kastil Cantik Ini Malah TerbengkalaiMortella Tower di Corsica (Dok. CNN Travel)
Cerita favorit Connolly tentang Mortella Tower di Corsica. Dibangun pada abad ke-16, Corsica adalah bagian dari Republik Genoa. Bangunan ini digunakan untuk mempertahankan diri dari perompak.

"Kemudian diledakkan oleh Inggris selama Perang Napoleon. Namun struktur menara tersebut masih berdiri tegak dan mengesankan pihak Inggris," ucap Connolly.

Desain keseluruhannya mencakup menara yang melingkar dengan atap datar, ideal untuk memasang artileri. Desain Menara Martello itu terlihat di seluruh kerajaan Inggris," kata Connolly.

Sayang, Kastil-kastil Cantik Ini Malah TerbengkalaiKastil Ballycarbery di County Kerry, Irlandia (Dok. CNN Travel)
Sorotan lainnya dalam buku Connolly termasuk Kastil Ballycarbery di County Kerry, Irlandia. Terletak di lokasi yang sangat terpencil di tepi Samudera Atlantik Utara, yang tersisa dari benteng abad ke-16 ini adalah dinding batu.

Benteng tersebut dirusak oleh tentara Inggris pada perang sipil Oliver Cromwell selama penaklukan Irlandia. Sekarang, benteng ini perlahan kembali melebur ke alam karena sudah banyak tumbuh-tumbuhan yang menggerogotinya.

"Ini adalah simpulan yang menarik, bagaimana alam bisa merebut kembali semua ini," komentar Connolly.

Sayang, Kastil-kastil Cantik Ini Malah TerbengkalaiGolconda dekat Hyderabad di India bagian tengah (Dok. CNN Travel)
Tempat lain yang mencolok adalah Golconda dekat Hyderabad di India bagian tengah. Dibangun pada abad ke-16 oleh dinasti Qutb Shahi, benteng tersebut sebelumnya menyimpan berlian Koh-i-Noor yang terkenal dan kemudian dimiliki oleh Ratu Victoria yang sekarang dipamerkan di Menara London Inggris.

Bangunan itu pernah berdiri tegak dengan fasilitas empat benteng, masjid, kuil, hunian, dan kebun. Sekarang ini yang tersisa adalah kehancuran yang cukup menawan untuk dikunjungi.

Connolly berpikir bahwa tempat-tempat yang ditinggalkan adalah tempat pertemuan untuk masa lalu dan masa kini, seperti sederet kastil itu.

"Tempat terbengkalai menyentuh saraf orang-orang. Kami tertarik pada dunia yang hilang, dunia yang terlupakan," kata Connolly. (msl/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Jepang

Foto: Secuil Rasa Amerika di Osaka

Senin, 20 Nov 2017 08:52 WIB

Pengaruh dan nuansa Amerika kental terasa di Amerika-mura. Inilah kawasan belanja, dimana anak-anak gaul Jepang terpengaruh gaya dan budaya negeri Paman Sam.