Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Sep 2017 08:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mau Lihat Aurora, Ini Lokasi yang Tepat

Foto: (Dok. CNN Travel)
Reykjavik - Jika cahaya aurora menjadi keinginan traveler adalah hal wajar. Namun, lokasi menyaksikannya terbilang sulit dilacak dan inilah gambaran lokasi tepatnya.

Dilansir dari CNN Travel, Selasa (19/9/2017), daerah di mana kesempatan paling banyak untuk melihat cahaya aurora berada pada garis lintang 66 sampai 69 derajat ke utara. Sederet lokasinya mencakup Alaska utara Kanada, sebagian Greenland, Skandinavia utara dan Rusia utara.

"Sebagian besar aurora terjadi di sebuah garis yang dikenal sebagai Zona Auroral," kata Alistair McLean, pendiri biro tur Zona Aurora yang mengkhususkan perjalanan memburu aurora.

Sebelum bertualang ke wilayah beku ini, ada baiknya traveler memeriksa indeks ukuran aktivitas elektromagnetik di atmosfer. Jika menunjukkan angka dua atau lebih tinggi maka kemungkinan adanya aurora semakin besar.

Traveler pasti tahu jika bepergian menuju ke selatan bumi akan menemui Aurora Australis. Cahaya dari Kutub Selatan ini akan menampakkan dirinya sekitar bulan Maret. Namun untuk aurora borealis atau cahaya utara akan muncul di bulan Maret April, dan September dan Oktober.
Aurora di Jokulsarlon Lagoon, IslandiaAurora di Jokulsarlon Lagoon, Islandia (Dok. CNN Travel)
Tempat pertama melihat aurora borealis ada di Jokulsarlon, Islandia. Agar peluang melihatnya bisa lebih besar harus sedekat mungkin dengan batas-batas wilayah Arktik.

Tempat kedua ada di Fairbanks, Alaska, Amerika Serikat. Lokasi ini sering disebut sebagai tempat terbaik untuk melihat aurora borealis di Amerika Serikat. Ini adalah rumah bagi Geophysical Institute di University of Alaska, Fairbanks, yang mengeluarkan prakiraan pada kondisi tampilan aurora.

Lebih jauh lagi terletak di desa kecil Manley Hot Springs. Traveler bisa sekalian mandi air panas di sini.

Tempat ketiga ada di Paatsjoki, Finlandia. Lokasi terbaik menyaksikan aurora borealisnya dari Jembatan Paatsjoki, Nellim di dekat perbatasan Finlandia-Rusia.
Aurora di Alaska utara bagian dari Greenland, Skandinavia utara dan Skotlandia UtaraAurora di Alaska utara bagian dari Greenland, Skandinavia utara dan Skotlandia Utara (Dok. CNN Travel)
Tempat keempat adalah Unstad, Lofoten, Norwegia. Agar traveler bisa maksimal mengabadikan aurora borealis pergilah ke Kepulauan Lofoten.

Tempat kelima yakni Taman Nasional Cairngorms, Skotlandia. Traveler bisa menyaksikan aurora borealis di tempat terbaik dan tentu sediakan secangkir teh sebagai pemanis karena di sini amat minim polusi cahayanya.

Ada pula Kangerlussuaq, di Greenland. Nah itulah lokasi tepat menyaksikan aurora borealis. Jika tertarik, bulan ini adalah waktu yang tepat!

Aurora di Paatsjoki, Finnish Lapland, FinlandiaAurora di Paatsjoki, Finnish Lapland, Finlandia (Dok. CNN Travel)
(msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA