Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Sep 2017 18:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Napak Tilas Ledakan Bom Atom di Hiroshima

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Kawasan Hiroshima Peace Memorial Park di Hiroshima (Jiji Press/AFP)
Kawasan Hiroshima Peace Memorial Park di Hiroshima (Jiji Press/AFP)

FOKUS BERITA

Wisata Bekas Bencana
Hiroshima - Hiroshima di Jepang luluh lantak oleh serangan bom atom 72 tahun lalu. Sisa-sisa tragedi ini pun masih ada dan bisa traveler lihat saat berkunjung ke sana.

Pada Perang Dunia II, tepatnya tanggal 6 Agustus 1945, pasukan pesawat sekutu Amerika, B-29 Flying Superfortress terbang di atas Negeri Sakura. Dari informasi yang dikumpulkan detikTravel, Kamis (28/9/2017), pesawat tersebut membawa bom nuklir 'Little Boy'.

Dengan panjang 3 meter, lebar 71 cm, dan berat 4.000 kg, bom tersebut mampu melepaskan kekuatan setara dengan 12.500 ton dinamit TNT. Sekitar pukul 08.15, 'Little Boy' dijatuhkan tepat di atas rumah sakit di Hiroshima.

Seketika, terlihat seperti kilatan cahaya di Kota Hiroshima. Kemudian, ledakan hebat meluluhlantahkan semua bangunan dan warga di sana. Tercatat ada 140 ribu orang yang meninggal dunia.

(Muhammad Nur Abdurrahman/detikTravel)(Muhammad Nur Abdurrahman/detikTravel)
Sejarah kelam ini tentunya takkan terlupa. Sisa-sisa tragedi tersebut pun masih dapat traveler lihat langsung di Hiroshima Peace Memorial Park, yang terletak di pusat Kota Hiroshima.

detikTravel pernah berkunjung ke sana beberapa waktu lalu. Di area taman ini terdapat Monumen Api Perdamaian, Monumen Perdamaian Anak-anak, Museum Perdamaian hingga situs Kubah Bom Atom yang populer di kalangan traveler.

Siapa saja boleh berkunjung ke sana. Perjalanan mungkin bisa diawali dari situs Kubah Bom Atom atau dikenal sebagai Genbaku Dome. Kisahnya, ketika rumah-rumah hancur terkena bom, bangunan ini masih berdiri.

Genbaku Dome (Muhammad Nur Abdurrahman/detikTravel)Genbaku Dome (Muhammad Nur Abdurrahman/detikTravel)
Genbaku Dome sebenarnya juga ikut terbakar. Namun karena menjadi yang termegah dan termodern di zamannya, Genbaku Dome masih bisa berdiri dan tidak ambruk. Meski tetap saja, hanya tinggal menyisakan kerangka bangunan dan kerangka kubah.

Genbaku Dome pun sudah ditetapkan menjadi situs cagar budaya oleh pemerintah Jepang, juga masuk dalam daftar World Heritage Sites oleh UNESCO. Bangunannya masih asli. Namun ditambah ditambahkan pagar di sekelilingnya.

Selanjutnya, traveler bisa berjalan kaki menuju monumen-monumen lainnya yang ada di sekitar taman dan masuk ke museum. Di Museum Perdamaian Hiroshima dipamerkan barang-barang yang tersisa dari peristiwa bom atom Hiroshima.

(Muhammad Nur Abdurrahman/detikTravel)(Muhammad Nur Abdurrahman/detikTravel)
Ratusan benda seperti seragam korban, sepeda anak-anak, genteng rumah, kotak makanan, patung arca dan pilar rumah yang menjadi saksi bisu dahsyatnya ledakan, dipajang dengan rapi. Terbayang seperti apa mengerikannya kejadian kala itu.

Meskipun menyimpan kisah pilu di masa lalu, Hiroshima Peace Memorial Park sekarang menjadi salah satu detinasi wisata yang paling sering didatangi turis mancanegara di Jepang. Hiroshima juga menjadi pesan perdamaian bagi dunia, tempat belajar untuk lebih menghargai kehidupan dan menghargai sesama manusia.

Setiap tahunnya digelar peringatan bom Hiroshima. Tak hanya masyarakat setempat yang hadir, tapi juga traveler dari berbagai belajan dunia.

Suasana Peringatan 71 Tahun Tragedi Bom Atom di Hiroshima (Kyodo/via Reuters)Suasana Peringatan 71 Tahun Tragedi Bom Atom di Hiroshima (Kyodo/via Reuters)
(krn/aff)

FOKUS BERITA

Wisata Bekas Bencana
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: 5 Negara Penuh Petualangan

Jumat, 20 Okt 2017 09:25 WIB

Menurut BBC, 5 negara ini jadi tempat yang tepat bagi petualang. Makanan yang unik, destinasi cantik dan pesta semalam suntuk bisa kamu temukan!