Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Okt 2017 13:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Wisata Kuliner Halal di Jepang, Mesti Coba Ramen Ini!

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Seporsi ramen halal Ayam-ya di Namba, Jepang (Wahyu/detikTravel)
Seporsi ramen halal Ayam-ya di Namba, Jepang (Wahyu/detikTravel)
Osaka - Mencari makanan halal di Jepang itu gampang-gampang susah. Kalau sedang di daerah Namba, Osaka kamu bisa coba ramen Ayam-ya yang sedapnya nggak kira-kira.

Agama Islam di Jepang memang minoritas. Tetapi soal makanan halal, negara ini sudah lebih banyak berbenah. Mulai banyak restoran-restoran yang mencantumkan label halal untuk traveler muslim.

Termasuk juga untuk jenis kuliner Ramen. Kalau traveler berencana menjelajahi kawasan Osaka, ada satu spot kuliner yang bisa dicoba. Nama restorannya yaitu Ayam-ya. Restoran ramen satu ini dijamin halal.

detikTravel berkunjung ke Restoran Ramen Ayam-ya di sekitar kawasan Nipponbashi akhir pekan lalu. Tak jauh dari Stasiun Namba, kurang lebih berjalan kaki selama 10 menit, traveler sudah sampai di Restoran Ayam-ya.
Restoran Ramen Ayam-ya tampak luar (Wahyu/detikTravel)Restoran Ramen Ayam-ya tampak luar (Wahyu/detikTravel)


Restoran Ramen Ayam-ya ukurannya tidak terlalu besar, tapi terdiri dari 2 lantai. Saat detikTravel datang, rupanya sudah ada beberapa orang mahasiswa asal Indonesia yang makan di restoran ramen ini.

Karena halal, Ayam-ya cukup populer di kalangan mahasiswa Indonesia. Salah satu di antaranya yaitu Yusrifar, mahasiswa Osaka Univeristy yang merekomendasikan Ayam-ya kepada detikTravel.

Menurut Yusrifar yang sudah satu tahun lebih menetap di Jepang, untuk kuliner ramen di Jepang bisa dipastikan non halal, karena biasanya kuahnya terbuat dari kaldu tulang babi, kecuali ramen tersebut mencantumkan label Halal. Nah, Ayam-ya ini termasuk yang sudah punya label halal.

Restoran ramen ini populer di kalangan mahasiswa dari Indonesia (Wahyu/detikTravel)Restoran ramen ini populer di kalangan mahasiswa dari Indonesia (Wahyu/detikTravel)


Berhubung sudah lapar, detikTravel langsung memesan seporsi ramen Spicy, sementara Yusrifar memesan ramen yang gurih asin. Cara memesannya bukan langsung bilang ke pelayan, tetapi lewat mesin tiket.

Traveler tinggal masukkan sejumlah uang ke dalam mesin, misalnya lembaran 1.000 Yen. Kemudian setelah itu pilihlah jenis ramen yang akan traveler pesan. Tak hanya ramen, lewat mesin ini traveler juga bisa memesan menu tambahan lainnya seperti karage, nasi, atau extra topping lainnya.

Sesudah memesan, mesin akan mengeluarkan tiket dan uang kembalian sesuai dengan selisih harga ramen dengan uang yang traveler masukkan. Jika uangnya pas, mesin ini tidak akan mengeluarkan uang kembalian.

Vending machine untuk memesan ramen (Wahyu/detikTravel)Vending machine untuk memesan ramen (Wahyu/detikTravel)


Nah, tiket yang dikeluarkan mesin inilah yang nantinya diberikan kepada pelayan restoran. Nanti sang pelayan akan membawakan makanan sesuai dengan pesanan traveler. Cukup praktis bukan?

Tak perlu menunggu waktu lama, seporsi ramen pedas yang detikTravel pesan sudah tersaji di atas meja makan. Rupanya rekomendasi Yusrifar tidak salah. Ramen Ayam-ya ini rasanya sangat lezat!

Kaldu ayamnya benar-benar terasa kuat, tetapi tidak bikin eneg. Rasa pedasnya juga pas, tidak berlebihan. Tak terasa, sendok demi sendok mie, potongan daging ayam, plus kuah ramen tandas tak bersisa. Enak banget!
Ramen pedas yang lezat (Wahyu/detikTravel)Ramen pedas yang lezat (Wahyu/detikTravel)


Satu porsi ramen Ayam-ya dihargai 780 Yen sampai yang paling mahal 990 Yen. Jika dirupiahkan sekitar Rp 90 ribu sampai 100 ribuan. Cukup mahal, tetapi sangat sepadan dengan apa yang ditawarkan. Sementara itu, untuk minumnya disediakan air putih dingin gratis untuk traveler.

Restoran Ayam-ya ini tak hanya ada di Namba, tetapi juga ada di Kyoto, letaknya tak jauh dari Stasiun Kyoto. Jika ada kesempatan kembali lagi ke Jepang, sudah pasti saya akan makan Ayam-ya lagi. (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Mau Tahu Kode-kode Pilot?

Rabu, 18 Okt 2017 05:00 WIB

Dalam tiap penerbangan, pilot akan memberikan informasi di udara. Namun, ada saja bahasa yang sulit dimengerti. Ternyata, itu adalah kode dalam penerbangan.