Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Okt 2017 13:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tersembunyi, Ini Masjid Tertua Hong Kong Berumur Ratusan Tahun

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Masjid Jamia di Hong Kong (Randy/detikTravel)
Masjid Jamia di Hong Kong (Randy/detikTravel)
Hong Kong - Dibalik ratusan gedung pencakar langit, Hong Kong juga memiliki masjid berumur ratusan tahun. Inilah masjid tertua Hong Kong yang tersembunyi.

Adalah Masjid Jamia yang terletak di 30 Shelley Street, Mid-Levels, Hong Kong. Lokasinya memang terbilang cukup tersembunyi, padahal masjid ini merupakan yang tertua di Hong Kong.

Bersama dengan pemenang d'Traveler Goes to Hong Kong dan Hong Kong Tourism Board, detikTravel pun berkesempatan untuk melihat masjid tertua ini secara langsung beberapa waktu lalu.

"Ini adalah masjid tertua Hong Kong, sudah masuk bangunan grade 1 karena umurnya sudah lebih dari 100 tahun. Lokasinya memang tersembunyi, malah gak banyak orang tahu," ujar pemandu detikTravel yang asli Hong Kong dan fasih bahasa Indonesia, Carolus Chui.

Sejarahnya, dahulu penjajah Inggris datang ke Hong Kong dengan banyak tentara yang beragama Islam. Berhubung tentaranya butuh tempat ibadah, akhirnya disediakan sebuah lahan khusus untuk pembangunan masjid.

Pintu gerbang Masjid Jamia (Randy/detikTravel)Pintu gerbang Masjid Jamia (Randy/detikTravel)

"Tahun 1850 dikasih izin untuk pembangunan masjid, dibangun sampai 20 tahun dan selesai tahun 1870," ujar Chui.

Kesan tua pun tampak jelas dari depan pintu masuk Masjid Jamia. Berlokasi di sisi kiri di antara perpotongan eskalator outdoor Mid-Levels, tampak pintu gerbang putih bertuliskan Jamia Mosque dengan aksara Cantonese.

Melewati gerbang, traveler akan menemukan anak tangga yang mengarah ke dalam masjid. Di temboknya pun tertulis, kalau fondasi batu itu diletakkan pertama kali tahun 1915 oleh Nakoda Suleman Curimmahomed.

Suasana masjid tertua di Hong Kong (Randy/detikTravel)Suasana masjid tertua di Hong Kong (Randy/detikTravel)

Kebetulan detikTravel datang saat dzuhur, tak lupa kami beribadah sejenak. Di dalam masjid juga tampak sejumlah anak muda berwajah Timur Tengah yang tengah membaca Al-Quran. Suasana di sana pun terasa begitu damai.

Usai menunaikan ibadah, seorang penjaga masjid pun memberikan sejumlah buku panduan hingga air minum botol untuk menemani perjalanan. Traveler Muslim yang datang ke Hong Kong tidak boleh melewatkan masjid yang satu ini. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Melihat Liburannya 'Superman'

Selasa, 21 Nov 2017 23:44 WIB

Henry Cavill, pemeran Superman ternyata suka traveling. Di sela kesibukannya main film, dia menyempatkan berkunjung ke beberapa negara. Begini gayanya.