Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Okt 2017 16:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Menginap di Kamar Nobita, Mau Coba?

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Menginap di Kamar Nobita (Wahyu/detikTravel)
Menginap di Kamar Nobita (Wahyu/detikTravel)
Osaka - Kamu pernah nonton kartun Doraemon? Ada hotel di Jepang yang menyediakan kamar bergaya tradisional Jepang seperti kamar Nobita untuk traveler, mau coba?

Penginapan bergaya tradisional Jepang ini punya nama sendiri, yaitu Ryokan. Ryokan biasanya ada di daerah-daerah pinggiran Jepang. Di kota besar seperti Tokyo atau Osaka, Ryokan sudah mulai jarang ditemukan.

Tapi di beberapa hotel, meskipun dari luarnya bergaya modern, tetapi di dalamnya ada yang menyediakan kamar bergaya Ryokan. Salah satu hotel yang menyediakan kamar Ryokan ini adalah Hotel Mielparque Osaka.

detikTravel memesan 'kamar nobita' ini lewat aplikasi pemesanan hotel booking.com, pemesanannya sendiri cukup mudah. Tinggal 2-3 sentuhan jari, kamar hotel sudah terpesan. Tinggal membayar secara cash begitu sampai di hotel tujuan. Teknologi zaman sekarang memungkinkan kita untuk melakukan itu semua.
Hotel Mielparque Osaka (Wahyu/detikTravel)Hotel Mielparque Osaka (Wahyu/detikTravel)


Hotel Mielparque Osaka sendiri berlokasi 4 Chome-2-1 Miyahara, Yodogawa Ward, Osaka. Lokasinya tak jauh dari Stasiun Shin Osaka. Cukup berjalan kaki kurang dari 10 menit, traveler sudah sampai di hotel.

Hotel Mielparque Osaka memang menyediakan 2 jenis kamar, kamar bergaya Western dan kamar bergaya tradisional Jepang. Karena sudah sering tidur di kamar bergaya Western, kali ini saya ingin merasakan tidur beralaskan tatami, alias tikar yang terbuat dari anyaman jerami khas Jepang.

Kamar yang detikTravel pesan berada di lantai 7. Begitu masuk ke dalam kamar, rupanya kamar ini begitu luas. Ada semacam koridor tempat kita melepaskan sepatu, persis seperti di rumah Nobita. Koridor ini dinamakan Genkan.

Seperti ini kamar ala Nobita di Hotel Mielparque Osaka (Wahyu/detikTravel)Seperti ini kamar ala Nobita di Hotel Mielparque Osaka (Wahyu/detikTravel)


Setelah melepas sepatu, kita bisa langsung masuk ke dalam ruangan yang berfungsi sebagai kamar. Ruangan ini dalam bahasa Jepang disebut sebagai Washitsu. Sebelum masuk kamar, buka dulu pintu geser yang dilapisi kertas yang khas banget. Pintu geser ini dinamakan Shoji.

Meski bergaya tradisional, kamar ini tetap dilengkapi dengan TV sebagai hiburan. Ada meja dan kursi untuk duduk lesehan. Di ruangan ini, terdapat lemari yang menempel di dinding tempat menyimpan kasur doraemon, namanya Oshiire.

Ini Oshiree tempat menyimpan kasur Jepang (Wahyu/detikTravel)Ini Oshiree tempat menyimpan kasur Jepang (Wahyu/detikTravel)


Di dalam Oshiire, traveler bisa menemukan kasur, selimut, serta bantal ekstra. Pihak hotel juga menyediakan Yukata, alias kimono non formal untuk dikenakan traveler sebagai pakaian tidur. Yukata ini bisa dikenakan juga sesudah mandi air panas, agar badan terasa makin nyaman.

Untuk toiletnya, ada 2 ruangan terpisah di kamar ini. 1 Ruang khusus untuk toilet dengan panel canggih yang tertempel di dinding. 1 Lagi khusus untuk mandi dengan bathtube. Di samping kamar juga terdapat lorong berlantai kayu bernama Roka, yang ada kacanya untuk digunakan sebagai ruang rias.

Toilet Jepang yang terkenal canggih (Wahyu/detikTravel)Toilet Jepang yang terkenal canggih (Wahyu/detikTravel)


Pengalaman tidur di kamar tradisional Jepang ini begitu berkesan. Untuk pertama kalinya, saya tidur beralaskan tatami. Entah mengapa, rasanya begitu nyaman dan sejuk. Tidur jadi nyenyak sampai pagi.

Hotel Mielparque Osaka menyediakan sarapan pagi di restoran mereka yang terletak di Basement 1. Menu sarapannya enak-enak dan Jepang banget.

Dengan harga 16.000 Yen (Rp 1,9 juta) per malam, hotel ini jadi opsi terbaik untuk kamu yang ingin menginap di kamar tradisional Jepang dengan fasilitas yang 'wah'. (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED