Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 31 Okt 2017 17:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kolkata, Permata India yang Sering Luput dari Mata Wisatawan

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Suasana Kota Kolkata (Thinkstock)
Suasana Kota Kolkata (Thinkstock)
Kolkata - India bukan cuma New Delhi, Mumbai atau Agra. Ayo berkenalan dengan Kolkata yang menyimpan berjuta pesona, tapi sering luput dari perhatian wisatawan.

Kolkata atau dulu sering dieja Kalkuta, adalah kota terbesar ketiga di India setelah New Delhi dan Mumbai. Dia adalah ibukota negara bagian West Bengal. Etnis Bengali lebih dominan di sini daripada Hindi. Kolkata adalah kota bisnis, budaya dan pendidikan.

Tokoh dunia terkenal dari Kolkata adalah Bunda Teresa, peraih Nobel Perdamaian 1979 dan sastrawan Rabindranath Tagore peraih Nobel Sastra 1913. Kota Kolkata membentang dari utara ke selatan sepanjang sisi timur Sungai Hooghly.

Destinasi wisata tersebar di berbagai sudut kota dan asyik untuk dijelajahi wisatawan. Di sebelah utara ada Kuil Dakshineswar Kali yang bersejarah sekaligus cantik arsitekturnya. Ada juga Nakhoda Mosque, masjid paling terkenal di Kolkata. Ada juga Jembatan Howrah yang sering jadi objek foto sunset dan sunrise, serta Museum Jorasanko Thakur yang menyimpan sejarah Rabindranath Tagore.

Kolkata, Permata India yang Sering Luput dari Mata WisatawanKolkata saat perayaan Diwali (Rupak De Chowdhuri/Reuters)
Di tengah Kolkata ada banyak bangunan peninggalan kolonial Inggris seperti Victoria Memorial dan Katedral St Paul. Jangan lewatkan Rumah Bunda Theresa, Taman Maidan dan Kebun Binatang Alipore kalau mau melihat harimau Bengali. Kalau mau belanja ada New Market dan untuk wisata kuliner ada kawasan Chowringee.

Di selatan Kolkata ada kuil Hindu Birla Mandir dan pusat perfilman Tollywood. Apa itu Tollywood? Tollywood adalah saingannya Bollywood yang berpusat di Mumbai. Jadi, Kolkata juga merupakan pusat perfilman India yang bergaya Bengali, terkenal dengan film laga yang bergaya lebay.

Nah, jadi penasaran kan dengan Kolkata? detikTravel dan AirAsia mengajak kamu semua untuk liburan gratis ke Kolkata, serius! Caranya, kamu musti ikutan Dream Destination #BikinJadiNyata yang akan mengajak traveler liburan ke Kolkata.

Sudah hampir 500 orang mendaftar untuk bisa terpilih pergi ke Kolkata. Kamu jangan sampai ketinggalan. Ayo ikutan daftar Dream Destination #BikinJadiNyata dan bertualang ke Kolkata! Klik di sini untuk info lengkapnya. (fay/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED