Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 04 Nov 2017 12:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kolkata, Kota India Rasa Inggris

Victoria Memorial Landmark Kolkata (Thinkstock)
Kolkata - Inggris menjajah India dari tahun 1858 hingga tahun 1947, waktu yang tidak sebentar. Mampir ke Kolkata, kamu bisa melihat banyak bangunan peninggalannya.

Seperti Batavia yang dijajah Belanda selama ratusan tahun, Kolkata di India juga mengalami nasib yang boleh dibilang tidak jauh beda. Hal itu pun masih dapat dilihat lewat sejumlah bangunan peninggalan Inggris bergaya Victoria di sana.

Dilihat detikTravel dari situs Calcutta.org, Sabtu (4/11/2017), ada beberapa bangunan peninggalan Inggris di Kolkata yang wajib kamu kunjungi ketika datang ke sana.

1. Victoria Memorial

Pada masa jayanya, gedung Victoria Memorial menjadi lambang supremasi penjajah Inggris akan India. Bangunan ini dibangun untuk mengingat mendiang Ratu Victoria sekaligus menandai 25 tahun penjajahan Inggris di India.

Selain menjadi monumen akan kejayaan Inggris di India, gedung Victoria Memorial juga menggambarkan keindahan arsitektur bergaya Indo-Saracenic yang populer kala itu.

Di dalam Victoria Memorial juga dapat dijumpai Royal Gallery yang menyimpan sejumlah karya dari pelukis kenamaan. Saat malam hari, keindahannya juga akan semakin menyala lewat lampu-lampu yang ada. Klik di sini untuk info lengkapnya.

2. Indian Museum

Indian Museum di Kalkuta disebut sebagai museum tertua ke-9 sekaligus terbesar di India. Museum ini pun menjadi salah satu bukti peninggalan Inggris di Kolkata.

Dibangun sejak tahun 1814, Indian Museum menyimpan beberapa koleksi suci Buddha hingga mumi dari mesir. Termasuk juga di dalamnya lukisan tentang kebesaran Kerajaan Mughal.

Diketahui, ada sekitar 35 galeri yang terbagi jadi 6 kategori di Indian Museum. Jika tertarik dengan sejarah, terdapat juga perpustakaan dan toko buku di dalamnya. Klik di sini untuk info lengkapnya.

3. St Paul's Cathedral

Dibangun tahun 1847, St Paul's Cathedral disebut-sebut sebagai katedral terbesar di Kolkata. Gereja ini pun memiliki arsitektur bergaya gothik yang populer di Inggris pada abad ke-19.

Gereja ini pun masih dipakai untuk acara ibadah oleh penganut agama Anglican. Tak sedikit juga wisatawan yang datang untuk melihat keindahan gereja ini.

4. Marble Palace

Berlokasi di Utara Kolkata, mansion dari abad ke-10 ini dibangun oleh Raja Rajendra Mullick yang menggilai seni. Selain sangat bergaya Inggris, mansion ini juga menyimpan lukisan karya pelukis India hingga Eropa.

Hingga kini, keturunan dari Mullick masih mendiami bangunan tersebut. Hanya saja, ada beberapa bangunan yang dibuka untuk publik. Jadi wisatawan diperbolehkan datang ke sini. Klik di sini untuk info lengkapnya.

5. Kolkata Town Hall

Dibangun tahun 1813 sebagai tempat kumpul para orang Eropa, Kolkata Town Hall masih digunakan hingga hari ini. Bangunan ini pun disebut sebagai salah satu yang terbaik di Kolkata.

Dibuat dengan gaya Roman Doric, Kolkata Town Hall sempat digunakan sebagai tempat persidangan sementara. Kini bangunan ini difungsikan sebagai perpustakaan dengan koleksi buku sebanyak 12 ribu. Klik di sini untuk info lengkapnya.

6.Calcutta High Court

Dibangun tahun 1862, Calcutta High Court merupakan gedung persidangan tinggi tertua di India. Hal itu pun bisa dilihat lewat gaya arsitektur bangunannya yang bergaya Victoria.

Didesain oleh arsitek Inggris bernama Walter Granville, konon bangunan itu dibuat menyerupai Cloth Hall di Ypres, Belgia.

Namun kamu tidak hanya bisa membaca artikel tentang bangunan peninggalan Inggris di atas, tapi juga melihatnya langsung. Kebetulan nih, detikTravel dan AirAsia mau mengajak kamu semua untuk liburan gratis ke Kolkata.

Caranya, kamu musti ikutan Dream Destination #BikinJadiNyata! Sudah sekitar 700 orang mendaftar untuk bisa terpilih pergi ke Kolkata. Kamu jangan sampai ketinggalan. Ayo ikutan daftar Dream Destination #BikinJadiNyata dan bertualang ke Kolkata! Klik di sini untuk info lengkapnya. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA